Kopi Keliling

Coffee Truck, Truk 'Kopi Keliling' di Korea yang Sering Dikirimkan ke Artis

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 15:00 WIB
Coffee Truck, Truk ‘Kopi Keliling’ di Korea yang Sering Dikirimkan ke Artis Foto: Instagram/sooyaaa__ dan Instagram/yejinhand
FOKUS BERITA Kopi Keliling
Jakarta -

Di Korea Selatan ada jasa 'kopi keliling' yang eksklusif dan mahal. Namanya coffee truck yang kerap dihadiahi fans untuk artis idolanya.

Menyebut kopi keliling, penjualnya tidak hanya yang kaki lima atau harganya murah saja, tetapi juga yang mahal dan sifatnya eksklusif. Salah satunya jasa coffee truck di Korea Selatan.

Sesuai namanya, kopi ini ditawarkan di dalam truk yang bisa dikirimkan ke lokasi yang diinginkan pemesan. Coffee truck juga bukan hanya berisi minuman, melainkan juga ragam camilan manis dan gurih.

Coffee truck kerap terlihat dalam unggahan foto-foto artis Korea Selatan, baik yang idol maupun aktor drama. Mereka biasanya berpose di depan coffee truck yang dikirimkan ke lokasi syuting atau kerja.

Coffee Truck, Truk 'Kopi Keliling' di Korea yang Sering Dikirimkan ke ArtisCoffee Truck, Truk 'Kopi Keliling' di Korea yang Sering Dikirimkan ke Artis Foto: Instagram dlwlrma

Semakin meriah karena biasanya coffee truck juga dihiasi foto-foto diri mereka dalam ukuran besar. Foto tersebut dijadikan banner, hiasan di truk, hingga desain kemasan makanan maupun minuman.

Dikutip dari Metro Style (24/6), coffee truck adalah tren besar di industri hiburan Korea dimana seorang artis akan mendapat kiriman coffee truck dari teman atau fansnya. Semua ini adalah bentuk pemberian semangat pada sang artis.

Karenanya di coffee truck kerap terlihat tulisan-tulisan positif. Mulai dari ucapan terima kasih pada artis dan kru yang sudah bekerja keras hingga pesan semangat untuk mereka.

Menurut situs Japanese Korea (24/6), food/coffee truck merupakan bisnis yang secara legal beroperasi di Korea Selatan pada 2014. Bisnis ini dianggap menguntungkan dari berbagai sisi seperti operasional yang lebih mudah dan biaya yang lebih murah.

Untuk menu yang biasa tersedia di dalam coffee truck adalah kopi, sandwich, waffle, buah, churros, milkshake, pastry, dan ragam camilan mini lain. Semua meny ini bebas dinikmati oleh sang artis dan kru di lokasi kerja mereka karena sudah dibayar si pemesan.

Coffee Truck, Truk 'Kopi Keliling' di Korea yang Sering Dikirimkan ke ArtisCoffee Truck, Truk 'Kopi Keliling' di Korea yang Sering Dikirimkan ke Artis Foto: Instagram bn_sj2013

Di Korea Selatan ada beberapa penyedia jasa coffee truck yang menawarkan tarif berbeda. Tak jarang ada paket yang bisa dipilih pemesan. Semakin mewah makanannya, maka semakin mahal pula harga coffee truck secara keseluruhan.

Rata-rata coffee truck bisa dipesan dengan biaya USD 2.000 hingga 5.000 atau sekitar Rp 28,9 hingga 72,2 juta per truk. Nantinya coffee truck akan 'mangkal' di lokasi yang diinginkan selama beberapa jam hingga seharian. Semuanya ada hitungannya.

Mengenai pemberiannya, biasanya coffee truck diberikan fans luar Korea Selatan kepada artis melalu dua cara. Pertama, bekerja sama dengan fan club artis tersebut yang ada di Korea Selatan.

coffee truck heyriCoffee Truck, Truk 'Kopi Keliling' di Korea yang Sering Dikirimkan ke Artis Foto: Instagram @Hyeri_0609

Misalnya coffee truck untuk Hyun Bin, pernah dikirimkan oleh fansnya dari berbagai negara yaitu Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia dan Vietnam. Nantinya fan club di Korea Selatan akan bantu mengkoordinir semuanya, termasuk bertemu dengan pihak manajer atau agensi si artis.

Kedua, fans bekerja sama langsung dengan manajer atau agensi artis idolanya. Biasanya perwakilan fan club akan diminta mengisi formulir resmi pemberian coffee truck ini. Mulai dari tanggal pengiriman, jumlah paket makanan, hadiah tambahan, dan lainnya.

Pihak manajer atau agensi perlu memberikan persetujuan lebih dulu untuk desain coffee truck yang akan dikirimkan. Jika sudah disetujui, mereka akan menghubungi perusahaan coffee truck yang diinginkan dan memberi informasi dari formulir yang sudah diisi fans tadi.

Saat sang artis menerima coffee truck, biasanya mereka akan berfoto di depannya. Foto ini kemudian diunggah ke media sosial seperti Instagram sebagai wujud terima kasih mereka kepada pengirim coffee truck.



Simak Video "Inovasi UKM Purwokerto untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Kopi Keliling

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com