Ini Asal-usul Hamburger dan Sandwich yang Populer di Dunia

Riska Fitria - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 16:30 WIB
Ini Asal-usul Hamburger dan Sandwich yang Populer di Dunia Foto: Egypt Today/Shutterstock
Jakarta -

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang asal mula makanan yang populer di dunia? Selama ini ada beberapa kekeliruan tentang asal-usul terciptanya sebuah makanan.

Di balik rasa makanan yang enak, terdapat sejarah panjang tentang asal-usul sebuah makanan. Seperti beberapa makanan yang populer di dunia, seperti hamburger, sandwich, cheesecake, dan lainnya.

Kebanyakan orang menyebut bahwa hamburger dan sandwich berasal dari Amerika. Ada pula yang mengira bahwa croissant berasal dari Prancis. Padahal fakta sejarahnya tidak demikian.

Asal-usul makanan dapat dilihat dari nama makanan itu sendiri. Biasanya makanan diberi nama sesuai dengan negara asal atau nama orang yang pertama kali membuatnya.

Dilansir dari Egypt Today (20/06) berikut asal-usul 5 makanan populer di dunia:

1. Hamburger

Ini Asal-usul Hamburger dan Sandwich yang Populer di DuniaIni Asal-usul Hamburger dan Sandwich yang Populer di Dunia Foto: Egypt Today/Shutterstock

Hamburger, makanan berupa roti bun yang mengapit patty ini banyak dikira berasal dari Amerika. Bahkan sempat juga orang memperdebatkan tentang negara asal terciptanya hamburger.

Dilansir dari Egypt Today (20/06) burger atau hamburger berasal dari Hamburg, Jerman. Hamburger berasal dari kata 'Hamburg Steak' atau patty daging sapi asin.

Hamburger kemudian dibawa oleh orang yang bermigrasi dari Hamburg ke Amerika Serikat. Karenanya banyak yang mengira bahwa hamburger berasal dari Amerika.

Baca Juga: Sejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik Kentang

2. Sandwich

Ini Asal-usul Hamburger dan Sandwich yang Populer di DuniaIni Asal-usul Hamburger dan Sandwich yang Populer di Dunia Foto: Egypt Today/Shutterstock

Terciptanya sandwich memiliki sejarah panjang. Nama sandwich diambil dari aristokrat Inggris abad ke-18 yaitu John Montagu, 4th Earl of Sandwich.

Montagu dikenal di seluruh Inggris sebagai penjudi. Bahkan ia sampai menolak untuk makan agar tidak mengganggu permainan judinya.

Dari itu, ia membuat makanan praktis berupa roti isi daging untuk bisa dinikmati sambil main kartu. Ia akan makan roti isi daging itu langsung pakai tangan sambil bermain kartu.

Suatu hari, ia meminta pelayannya untuk membawakan roti roti isi daging agar tidak berantakan. Orang-orang yang duduk di sekelilingnya menyukai ide tersebut dan meniru hal yang sama seperti 'Sandwich'.

Sejak saat itu, sandwich telah menjadi sensasi makanan yang populer hingga ke seluruh dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com