Sejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik Kentang

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 26 Nov 2020 10:30 WIB
Sejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik Kentang Foto: Getty Images/iStockphoto/Jamakosy
Jakarta -

Masuk ke dalam jenis makanan modern. Ada banyak kisah menarik seputar terciptanya beberapa makanan populer. Seperti keripik kentang hingga hamburger.

Dibalik popularitas makanan dan cemilan hit seperti chicken nugget, keripik kentang hingga hamburger. Ada sejarah menarik yang menjadi asal-usul terciptanya makanan-makanan populer ini.

Seperti chicken nugget contohnya, yang ternyata pertama kali diciptakan oleh restoran cepat saji. Kemudian ada juga kisah menarik seputar terciptanya keripik kentang, yang pertama kali muncul di tahun 1853.

Tak ketinggalan sejarah pembuatan saus tomat yang sudah jadi bahan makanan populer di Eropa sejak tahun 16000.

Dilansir dari Listverse (25/11), berikut sejarah menarik dibalik terciptanya makanan populer.

Baca Juga: Sejarah Nasi Goreng yang Dulunya Makanan Orang Miskin

1. Chicken nugget

Sejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik KentangSejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik Kentang Foto: Getty Images/iStockphoto/Jamakosy

Jadi salah satu makanan frozen food yang paling populer di dunia. Ternyata chicken nugget ini pertama kali diciptakan oleh restoran cepat saji McDonald's. Saat itu McDonald's mulai menjual menu McNuggets.

Kelahiran menu McNuggets ini tak lepas dari fakta bahwa pemerintah Amerika, di tahun 1977 mendorong warganya untuk mengkonsumsi daging yang lebih rendah lemak. Penjualan burger McDonald's pun menurun drastis.

Dari sana pihak McDonald's mulai eksperimen membuat makanan olahan berbahan dasar daging ayam. Mulai dari pie ayam sampai onion chunks yang gagal di pasaran.

Setelah gagal mereka kembali eksperimen dan akhirnya menemukan formula chicken nugget. Akhirnya chicken nugget berkembang jadi makanan olahan yang digemari banyak orang.


2. Keripik kentang

Sejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik KentangSejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik Kentang Foto: Getty Images/iStockphoto/Jamakosy

Sebagai cemilan sejuta umat yang eksis di setiap belahan dunia. Keripik kentang ternyata sudah ada sejak tahun 1853 lho. Keripik kentang awalnya diciptakan oleh George Crum, koki di Saratoga Springs yang ada di New York.

George menciptakan keripik kentang setelah salah satu tamunya komplain bahwa kentang gorengnya terlalu tebal. Akhirnya ia mengiris kentang itu dengan tipis lalu menggorengnya hingga garing. Tak disangka eksperimennya ini disukai banyak orang.

Beberapa puluh tahun kemudian keripik kentang ini mulai dipasarkan sebagai cemilan populer di Amerika. Di tahun 1895 akhirnya dibuka pabrik keripik kentang yang pertama di dunia. Popularitas keripik kentang ini bertahan hingga sekarang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com