Nasi Goreng Mantul

Sejarah Nasi Goreng yang Dulunya Makanan Orang Miskin

Devi Setya - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 10:00 WIB
Egg Fried Rice with Vegetables in a Bowl - Directly from Above. Chinese Fried Rice, Chinese Cuisine, Comfort Food Concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ravsky
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
Jakarta -

Nasi goreng tentu bukan hidangan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Nasi goreng bukanlah tren makanan kekinian karena sudah ada sejak berabad lalu.

Dimulai dari negeri China, nasi goreng kemudian menjelajah secara luas ke hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Nasi goreng bahkan menjadi makanan yang sangat digemari di Indonesia.

Sejak ratusan tahun lalu, nasi goreng menjelajah beberapa negara. Resep nasi goreng dibawa oleh para perantau asal China yang singgah di negara-negara tujuannya. Resep nasi goreng pun berevolusi sesuai selera lidah masyarakat.

Berikut sejarah nasi goreng hingga jadi makanan nasional Indonesia.

Baca juga : Nasi Goreng, Dari Kuliner China Jadi Makanan Ikonik Indonesia


1. Asal usul nasi goreng

Nasi Goreng Hong KongNasi Goreng Hong Kong Foto: iStock


Dilansir dari The Spruce Eats ( 17/7) diperkirakan pada tahun 4000 Sebelum Masehi, masyarakat China sudah menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Saat itu nasi mulai dikreasikan menjadi berbagai hidangan, bumbunya masih sangat sederhana.

Masyarakat China terbiasa membuat nasi goreng karena mayoritas orang tidak suka menyantap makanan dingin. Nasi goreng adalah alternatif sajian hangat yang bisa diolah dari makanan yang ada.

Agar rasanya semakin enak, nasi goreng kemudian ditambahkan berbagai bumbu. Lambat laun semakin banyak yang melakukan cara ini, alhasil nasi goreng seolah jadi kreasi makanan baru yang banyak disantap.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul