Nasi Goreng Mantul

Nasi Goreng, Dari Kuliner China Jadi Makanan Ikonik Indonesia

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 17:31 WIB
A popular fried rice dish in Indonesia and Malaysia. Served with egg, chicken satay, prawn crackers and salad garnish. Foto: Getty Images/iStockphoto/lleerogers
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
Jakarta -

Nasi goreng kini jadi makanan ikonik Indonesia. Meski diadaptasi dari China kreasi nasi goreng juga tak ada habisnya.

Secara umum, nasi goreng adalah sebutan untuk hidangan nasi yang dimasak dengan sedikit minyak lalu dibumbui dengan bawang putih, bawang merah dan kecap manis. Nasi goreng seperti ini dikenal sebagai nasi goreng kampung.

Untuk menambah kelezatannya, nasi goreng kerap ditambahkan telur, daging ayam suwir serta kerupuk sebagai pelengkap. Kini nasi goreng termasuk salah satu masakan nasional Indonesia. Pada tahun 2011, nasi goreng bahkan menduduki peringkat kedua dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' versi CNN.

A popular fried rice dish in Indonesia and Malaysia. Served with egg, chicken satay, prawn crackers and salad garnish.A popular fried rice dish in Indonesia and Malaysia. Served with egg, chicken satay, prawn crackers and salad garnish. Foto: Getty Images/iStockphoto/lleerogers

Baca juga : Buka Sejak Tahun 1985, Nasi Goreng Gerobak Ini Punya Banyak Penggemar

Menurut catatan sejarah, nasi sudah jadi makanan pokok bangsa China sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian jadi menu olahan nasi yang kala itu cukup digandrungi. Nasi goreng versi oriental kemudian menjelajah keseluruh dunia setelah dibawa oleh para perantau China. Mulai dari sini terciptalah banyak varian nasi goreng yang disesuaikan dengan selera lidah masyarakat setempat.

Di Indonesia, nasi goreng termasuk makanan universal yang tak kenal status sosial. Masyarakat dari kalangan bawah biasa menikmati nasi goreng versi gerobakan yang banyak dijajakan di pinggir jalan. Sementara kalangan menengah atas bisa menikmati nasi goreng aneka varian di restoran atau hotel mewah.

A popular fried rice dish in Indonesia and Malaysia. Served with egg, chicken satay, prawn crackers and salad garnish.A popular fried rice dish in Indonesia and Malaysia. Served with egg, chicken satay, prawn crackers and salad garnish. Foto: Getty Images/iStockphoto/lleerogers

Padahal sejatinya menu ini sama-sama berbahan dasar nasi yang dimasak dengan bumbu. Varian nasi goreng juga semakin beragam dan beberapa daerah di Indonesia bahkan memiliki nasi goreng khas dengan cita rasa yang unik.

Nama nasi goreng juga sering disebut sesuai dengan isiannya seperti nasi goreng ikan asin, nasi goreng babat, nasi goreng kambing hingga nasi goreng pete. Ada juga nasi goreng Jawa, nasi goreng merah Makassar dan nasi goreng kambing.

Baca juga : Ini Dia 5 Nasi Goreng Gerobak Enak di Jakarta

Di Jakarta bahkan ada beberapa pedagang nasi goreng legendaris dan terkenal seperti nasi goreng kambing Kebon Sirih, nasi goreng Apjay hingga nasi goreng Obama yang fenomenal. Beberapa nasi goreng ini bahkan sangat favorit sehingga tak jarang harus rela antre demi seporsi nasi goreng.

Meskipun sederhana, nasi goreng memiliki unsur-unsur yang kompleks. Kali ini detikFood akan mengulas seputar nasi goreng. Mulai dari sejarah, cita rasa, racikan bumbu dan cara penyajian nasi goreng di berbagai daerah.

Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tempat bersantap nasi goreng yang siap memanjakan lidah dan selera. Buat para penggemar nasi goreng, jangan sampai melewatkan ulasan khusus kali ini.



Simak Video "Maknyus! Nasi Goreng Gongso Ala Kedai Mas Kamto"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul