Basque Burnt Cheesecake, Kue Keju Gosong dari Spanyol yang Hits

Devi Setya - detikFood Selasa, 04 Agu 2020 17:00 WIB
basque burnt cheesecake Foto: instagram
Jakarta -

Pencinta cheesecake kini tengah penasaran dengan cake bernama basque burnt cheesecake. Cake lembut dan creamy ini sengaja dibuat gosong tapi rasanya istimewa.

Cheesecake bukanlah termasuk jenis dessert baru. Kue berbahan dasar keju krim ini sudah jadi favorit banyak orang. Beberapa baker bahkan membuat kreasi cheesecake dengan beragam varian yang menarik.

Mirip dengan cheesecake, basque burnt cheesecake adalah cheesecake yang sengaja dibuat gosong. Sesuai dengan namanya basque burnt cheesecake merupakan cheesecake yang sengaja dipanggang lebih lama dalam suhu tinggi. Meskipun tampilannya agak meragukan, tapi sensasi rasa gosong pada cheesecake ini justru bikin orang ketagihan.

Paduan rasa keju dan susu yang terpanggang menjadikan basque burnt cheesecake diburu banyak orang. Di Indonesia, cake ini bahkan tengah digandrungi. Banyak orang rela merogoh kantung dalam-dalam demi mencicip sepotong basque burnt cheesecake.

Baca juga : Lembut, Manis dan Gurih! Cheesecake Isi Saus Telur Asin yang Unik

Meskipun permukaannya gosong, tapi bagian dalamnya tetap creamy dan sama sekali tak ada rasa pahit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta unik seputar basque burnt cheesecake.

1. Berasal dari Basque

basque burnt cheesecakebasque burnt cheesecake Foto: instagram


Dilansir dari Butter Nut Bakery (4/8) Basque burnt cheesecake berasal dari Basque, sebuah suku yang hidup di Spanyol Utara. Masyarakat di Basque terkenal dengan tradisi dan budaya yang sangat kuat. Orang-orang Basque memiliki bahasa sendiri yang kabarnya sudah digunakan sebelum adanya bahasa Roman.

Kue berbahan dasar keju ini jadi hidangan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Basque. Pusat kota Basque berada di Bilbao dan di sini banyak diproduksi kue keju gosong yang kemudian popular dengan sebutan Basque Burnt Cheesecake.

Kue ini awalnya dibuat menggunakan krim keju Philadelphia tua yang lezat. Keju ini sudah menjadi primadona sejak tahun 1970-an di Basque. Kini Basque burnt cheesecake sudah terkenal di berbagai negara hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Cheesecake Romeo dan Juliet"
[Gambas:Video 20detik]