Ulang Tahun Jakarta ke-494, Ini 5 Jajanan Betawi yang Mulai Langka

Devi Setya - detikFood
Selasa, 22 Jun 2021 11:00 WIB
Roti gambang
Foto: iStock

2. Roti Gambang

Masyarakat Betawi punya roti khas yang ikonik yakni roti gambang. Kue berwarna coklat kayu ini juga populer di Semarang dengan sebutan roti ganjel rel.

Roti gambang punya sejarah panjang, dulunya roti ini jadi menu sarapan orang-orang Belanda di zaman kolonial. Tapi kini roti gambang jadi kudapan yang bisa dinikmati siapapun dan kapanpun.

Bukan sekadar camilan, roti beraroma rempah ini bahkan masuk dalam daftar 50 Roti Terbaik Dunia versi CNN. Kini roti gambang mulai sulit dijumpai, hanya toko roti klasik yang masih mengolah dan menyediakan roti gambang.

3. Kue Cincin

klepon, kue cincin, dan kue cucurUlang Tahun Jakarta ke-494, Ini 5 Jajanan Betawi yang Mulai Langka Foto: Istock


Sesuai dengan namanya, kue ini berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya, mirip cincin. Sekilas kue ini mirip donat namun dalam ukuran mini serta berwarna coklat karamel.

Kue cincin punya rasa manis legit karena dibuat dengan campuran gula merah. Teksturnya padat berbulir dan pas jadi camilan teman minum teh.

Dahulu kue cincin banyak dijual di warung tradisional, tapi kini kue cincin mulai sulit dijumpai. Para pembuat kue cincin di Jakarta pun semakin sedikit.



Simak Video "Kue Rangi Kekinian Warna-warni dengan Topping Es Krim"
[Gambas:Video 20detik]