5 Museum Makanan Paling Populer di Dunia, Mie Instan hingga Cokelat

Sonia Basoni - detikFood Senin, 21 Jun 2021 15:00 WIB
5 Museum Makanan Paling Populer di Dunia, Mie Instan hingga Cokelat Foto: Site News
Jakarta -

Penuh dengan informasi serta pengetahuan berbagai makanan. Museum makanan populer di dunia isinya beragam, ada yang khusus cokelat sampai museum khusus makanan menjijikkan.

Museum jadi tempat informasi hingga pelestarian benda-benda bersejarah. Selama beberapa tahun terakhir banyak museum makanan yang bermunculan di berbagai negara tentunya dengan konsep unik dan berbeda.

Setiap museum ini memiliki topik makanan apa yang mereka akan bahas. Seperti museum makanan menjijikkan di Swedia, yang memiliki lebih dari 80 makanan paling menjijikkan di dunia.

Sampai Museum of Food and Drink di New York yang jadi spot kekinian para turis untuk foto-foto dengan berbagai objek makanan.

Berikut lima museum makanan paling populer dan wajib dikunjungi para foodies.

Baca Juga: Sebentar Lagi Akan Dibuka Museum Es Krim di Singapura

1. Museum Makanan Menjijikkan

5 Museum Makanan Paling Populer di Dunia, Mie Instan hingga Cokelat5 Museum Makanan Paling Populer di Dunia, Mie Instan hingga Cokelat Foto: Site News

Diberi nama 'Disgusting Food Museum', museum unik dibuka di Malmo, Swedia, pada tahun 2018 lalu. Sesuai namanya, museum ini akan menampilkan ragam makanan yang dianggap menjijikkan oleh banyak orang. Ada lebih dari 80 jenis makanan menjijikkan dari berbagai negara yang dipajan di dalam museum ini.

Seperti ikan hiu yang telah membusuk dari Islandia, bau menyengat dari durian Thailand, hingga potongan penis mentah dari hewan banteng semuanya ada di sini.

Museum ini merupakan cabang terbaru dari Museum of Failure, atau museum yang berisi barang-barang gagal di Amerika. Nantinya akan ada sekitar 80 makanan menjijikkan dari seluruh dunia, yang ditampilkan di Disgusting Food Museum.

"Museum ini dibuat untuk hiburan yang menyenangkan, menarik, dan interaktif. Di sini kita memiliki ikan hiu yang telah membusuk dari Islandia, lalu ada juga keju yang paling bau di dunia," ungkap Dokter Samuel West selaku pengagas museum ini.

Tidak hanya penis banteng dan durian saja, Samuel menggiring keju dengan belatung dari Sardinia, babi bakar dari Peru, hingga ikan laut yang diawetkan.

2. Museum of Food And Drink

5 Museum Makanan Paling Populer di Dunia, Mie Instan hingga Cokelat5 Museum Makanan Paling Populer di Dunia, Mie Instan hingga Cokelat Foto: Site News

Jadi destinasi populer wisata di kota New York, museum makanan kekinian ini dikenal dengan nama MOFAD. Terdiri dari singkatan Museum of Food And Drink, merupakan museum non-profit untuk tujuan edukasi agar mengubah cara orang berpikir tentang minuman dan makanan.

Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 2013 lalu, tepatnya di Brooklyn. Di musuem ini terdapat berbagai jenis diorama yang berhubungan dengan dunia kuliner. Seperti studio masak untuk acara di televisi.

Kemudian lab khusus meneliti makanan, lalu perjalanan sejarah tentang kuliner ikonik dan legendaris di sekitar New York. Sampai pameran museum berisi aneka makanan yang kekinian dan keren.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto Ramen Pertama di Jepang Buka Lagi Setelah 44 Tahun Tutup"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com