Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak?

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 22 Jun 2021 15:00 WIB
Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak? Foto: YouTube/Koki Korea
Jakarta -

Bumbu dan pengolahan yang berbeda-beda membuat ayam goreng punya beragam jenis. Seperti ayam goreng di Indonesia dan di Korea. Apa bedanya?

Ayam menjadi lauk pauk yang sangat familiar dan paling sering dihidangkan di negara-negara Asia. Berbagai menu yang terbuat dari olahan ayam sangat banyak variasinya dengan beragam rasa dan cara penyajian yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah hidangan ayam goreng yang walaupun terdengar sederhana tetapi punya banyak variasi bergantung dengan ciri khas budaya negara yang menyajikan ayam goreng tersebut. Misalnya di Indonesia yang cenderung mengolah ayam goreng dengan bumbu ungkep terlebih dahulu baru kemudian digoreng hingga kering dan garing.

Berbeda dengan di Indonesia, di negara lain seperti Korea Selatan misalnya, ayam akan dilapisi tepung terlebih dahulu kemudian digoreng dan diberi bumbu. Seorang YouTuber asal Korea Selatan ini sampai-sampai ingin membuktikan di antara kedua ayam goreng Indonesia dan Korea Selatan, kira-kira ayam goreng mana yang lebih enak dan disukai.

Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak?Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak? Foto: YouTube/Koki Korea

Dilansir melalui YouTube Koki Korea (13/6) seorang YouTuber asal Korea Selatan yang memang terbiasa menyajikan konten-konten terkait memasak dan mencicipi makanan ingin membandingkan antara ayam goreng di Korea Selatan dengan rasa ayam goreng khas Indonesia. Pengalamannya yang pernah mencoba langsung ayam goreng di Indonesia membuatnya begitu penasaran dengan perbandingan antara kedua jenis ayam goreng tersebut.

Baca juga: Viral! Resep Ayam Goreng Ini Ditonton Lebih dari 5 Juta Kali

Pada unggahan tersebut Koki Korea telah menyiapkan beberapa potong ayam goreng yang disajikan dengan gaya Korea Selatan atau ganjang chicken dan beberapa potong lainnya disajikan dengan gaya Indonesia. Potongan ayam goreng tersebut kemudian dicicipi oleh seluruh anggota keluarganya termasuk istri dan keduanya anaknya.

Tidak lupa, Koki Korea juga telah menyiapkan sambal sebagai pelengkap untuk makan ayam goreng khas Indonesia. Ia benar-benar telah menyiapkan dua jenis ayam goreng tersebut dengan sangat baik bahkan tidak lupa dengan bumbu kuning untuk mengungkep ayam goreng seperti layaknya di Indonesia.

"Rasanya sama dengan saat aku mencobanya di Indonesia, tidak seperti ayam Korea yang manis. Asin dan tidak ada tepung, menjadi alasan aku menyukai ayam goreng khas Indonesia," kata Koki Korea saat mencoba kedua jenis ayam tersebut.

Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak?Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak? Foto: YouTube/Koki Korea

Setelah ia mencoba kemudian istrinya dipersilahkan untuk mencoba. Istrinya yang baru pertama kali mencicipi ayam goreng khas Indonesia begitu terkejut dengan rasanya yang unik.

"Enak sekali. Ini lebih enak daripada yang saya pikir. Awalnya warnanya yang kuning kehijauan membuatnya terlihat aneh. Rasanya juga lebih enak saat ditambah samba. Sepertinya ini cocok untuk dimakan dengan nasi bukan seperti ayam Korea yang cocok jika diminum bersama minuman bersoda, aku tidak bisa memilih salah satu," kata istri Koki Korea.

Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak?Ayam Goreng Indonesia vs Korea, Mana yang Lebih Enak? Foto: YouTube/Koki Korea

Tidak hanya mereka berdua, tetapi Koki Korea juga melibatkan kedua anaknya untuk mencoba dua jenis ayam goreng yang berbeda ini. Jeah dan Soyoon mencoba satu per satu ayam goreng dari dua negara yang berbeda tersebut.

"Yang ini (ayam goreng Indonesia) rasanya unik dan spesial, semakin lama dimakan semakin renyah," kata Soyoon.

"Kalau aku lebih suka yang ini (ayam goreng Korea) karena rasanya manis," kata Jeah.

Kedua jenis ayam goreng ini ternyata mendapatkan nilai yang seimbang. Kedua anak dari Koki Korea bahkan juga diberi tahu cara memakan ayam goreng Indonesia dengan nasi putih yang hangat. Keduanya begitu lahap saat menghabiskan ayam goreng yang telah dibuatkan oleh ayahnya.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Ungkep yang Enaknya Nagih



Simak Video "Bikin Laper: Kulit Ayam Goreng Krispi ala Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com