Kena PHK, Pria Ini Sukses Jual 1.000 Roti Sehari dan Buka Bakery

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 17 Jun 2021 20:00 WIB
Kena PHK, Pria Ini Sukses Jual 1.000 Roti Sehari dan Buka Bakery Foto: NST
Jakarta -

Kehilangan pekerjaan saat pandemi membuat pria ini memutuskan untuk banting setir dan berjualan roti murah dengan mobilnya. Hasilnya ia sukses dengan bakerynya.

Ridzuan Jamal harus kehilangan pekerjaannya saat pandemi menyerang Malaysia tahun lalu. Ia dulu bekerja sebagai teknisi di sebuah perusahaan. Namun ia tak pantang menyerah dengan keadaan.

Dilansir dari NST (17/06), dengan modal nekat akhirnya Jamal memutuskan untuk berjualan roti murah menggunakan mobilnya. Setiap harinya Jamal berkeliling, menawarkan roti seharga RM 1 (Rp 3.500), yang ternyata laris manis dan membuatnya menjadi pengusaha sukses seperti sekarang.

Baca Juga: 5 Mantan Preman Ini Sekarang Sukses Jualan Makanan

Kena PHK, Pria Ini Sukses Jual 1.000 Roti Sehari dan Buka BakeryKena PHK, Pria Ini Sukses Jual 1.000 Roti Sehari dan Buka Bakery Foto: NST

Dalam satu hari saja, Jamal mampu menjual lebih dari seribu bungkus roti. Penghasilannya jauh lebih besar dibandingkan gajinya sebagai teknisi dulu.

Kesuksesan pria berusia 28 tahun ini tak berhenti hingga di sana. Ia kini berhasil membuka toko kue atau bakery pertamanya, dan mempekerjakan orang-orang yang terdampak pandemi sama sepertinya.

"Sekarang, bakery saya punya sembilan pekerja yang baru-baru ini kehilangan pekerjaan mereka. Beberapa pekerja juga baru lulus sekolah," jelas Jamal.

Tak pilih-pilih karyawan, Jamal tulus membantu orang-orang yang membutuhkan dengan usaha bakery miliknya. Ia juga berharap para karyawan yang membantu usaha bakerynya, bisa mendapatkan pengalaman kerja yang bermanfaat.

Kena PHK, Pria Ini Sukses Jual 1.000 Roti Sehari dan Buka BakeryKena PHK, Pria Ini Sukses Jual 1.000 Roti Sehari dan Buka Bakery Foto: NST

"Untuk gaji setiap karyawan di sini, gaji pokoknya saja sekitar RM 900 - RM 1,200 (Rp 3,1 juta - Rp 4,1 juta)," lanjutnya.

Meski sudah sukses, Jamal masih memiliki impian untuk mempekerjakan lebih banyak orang. Agar produksi rotinya meningkat, serta produk roti murahnya bisa dinikmati semua kalangan.

Kini Ridzuan memiliki 8 agen roti yang tersebar di beberapa wilayah Malaysia seperti Kimanis, Telipok, Papar hingga Putatan.

"Konsentrasi saya sekarang memiliki banyak agen sebanyak mungkin untuk menjual roti di daerah Tuaran hingga Menumbok," tuturnya.

"Saya juga ingin meningkatkan produksi roti ini agar bisa menciptakan lapangan kerja yang lebih besar, serta membantu orang-orang untuk bekerja, terutama dalam masa sulit seperti sekarang," Pungkas Jamal.

Baca Juga: Salut! 5 Mahasiswa Ini Sukses Jualan Makanan Beromzet Ratusan Juta



Simak Video "Nyobain 'Dine In Car' Ala Kedai TanSu Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com