Sate Kaki Lima

5 Sate Unik di Indonesia, Pakai Daging Kerbau hingga Disiram Kuah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 17 Jun 2021 12:00 WIB
5 Sate Unik di Indonesia, Pakai Daging Kerbau hingga Disiram Kuah Foto: Instagram the.tadut
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
Jakarta -

Sate yang umum dikenal adalah sate Madura, sate kambing, dan sate Padang. Tapi tahukah kamu ada berbagai sate unik di Indonesia yang layak dicoba?

Olahan daging panggang berbalut saus ini merupakan makanan khas Indonesia. Sate mudah ditemui di berbagai daerah nusantara. Namun di beberapa daerah ada sate unik nan khas, baik dari segi bahan pembuatan maupun penyajiannya.

Sate ini layak dicoba para penggemar sate, apalagi jika bosan menyantap sate yang itu-itu saja. Meski asalnya dari berbagai daerah Indonesia, beberapa penjual sate ini juga bisa ditemui di Jakarta.

Misalnya sate kuah Pontianak yang disajikan dengan kuah berwarna kuning kental. Kuah ini diracik dari beragam rempah sehingga rasa dan aromanya begitu khas.

Lalu dari Cirebon ada sate kalong yang namanya bikin banyak orang bingung. Sate ini bukan dibuat dari daging kalong atau kelelawar, melainkan daging kerbau. Seperti apa ya bumbu dan rasanya?

Detikfood merangkum 5 jenis sate unik dari berbagai daerah Indonesia yang layak kamu coba:

1. Sate Lembut - Jakarta

5 Sate Unik di Indonesia, Pakai Daging Kerbau hingga Disiram Kuah5 Sate Unik di Indonesia, Pakai Daging Kerbau hingga Disiram Kuah Foto: Indonesia Kaya

Jakarta, khususnya masyarakat suku Betawi punya sate sapi khas bernama sate lembut. Disebut lembut karena tekstur sate ini benar-benar lembut, namun sayang sekarang penjualnya sudah sangat jarang.

Sate lembut dibuat dari daging sapi tanpa lemak sebagai bahan utamanya. Daging sapi dicincang kemudian ditumbuk lagi secara manual sampai teksturnya benar-benar halus. Selanjutnya, sate dimasak setengah matang dan dicampur dengan kelapa tua sangrai dan gula merah.

Barulah kemudian daging lembut setengah matang itu dililitkan di tusukan bambu yang lebar sehingga menyerupai sate. Tampilannya persis sate lilit dari Bali. Sate lembut kemudian dibakar sesaat dipesan pembeli.

Menikmati sate lembut tidak pakai bumbu kacang atau kecap, tetapi dengan paduan makanan Betawi, laksa. Isian laksa lengkap seperti bihun, telur, perkedel, daun kemangi hingga kucai. Banyak orang menyukai perpaduan rasa manis sate lembut dengan kuah laksa yang gurih.

Baca Juga: Manisnya Sate Lembut

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com