Miris! Warga Desa Ini Habiskan Rp 6 Juta Sebulan untuk Air Bersih

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 16 Jun 2021 13:30 WIB
Miris! Warga Desa Ini Keluarkan Rp 6 Juta Sebulan untuk Beli Air Bersih Foto: YouTube/DW News
Jakarta -

Beberapa wilayah tidak punya sumber air bersih untuk digunakan. Tidak hanya di Indonesia, warga di desa Rusia ini juga harus hidup tanpa air bersih selama puluhan tahun.

Air yang bersih dan jernih sangat dibutuhkan karena fungsinya yang krusial untuk menopang kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Namun sayangnya tidak semua wilayah memiliki akses yang mudah terhadap air bersih.

Di Indonesia sendiri banyak sekali warga di wilayah-wilayah yang masih harus hidup dengan air kotor atau bahkan orangnya berjalan hingga puluhan kilometer demi mendapatkan air bersih setiap harinya. Bukan hanya di Indonesia, ternyata masih banyak wilayah-wilayah lain di dunia yang juga kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Bahkan di negara yang terlihat maju sekalipun seperti Rusia, masih ada salah satu wilayahnya yang terpaksa hidup tanpa air bersih. Seluruh penduduk di desa bernama Michirinski, Rusia mengaku telah hidup puluhan tahun tanpa air bersih yang bisa mereka dapatkan.

Miris! Warga Desa Ini Keluarkan Rp 6 Juta Sebulan untuk Beli Air BersihMiris! Warga Desa Ini Keluarkan Rp 6 Juta Sebulan untuk Beli Air Bersih Foto: YouTube/DW News

Dilansir melalui akun YouTube DW News (14/6) sebuah desa di bagian selatan Rusia harus hidup dengan air berwarna keruh selama puluhan tahun. Bahkan pada saat musim hujan sekalipun airnya akan berubah menjadi berwarna abu-abu dengan lumpur yang naik ke permukaan sungai yang dijadikan sumber mata air di sana.

Warna air yang keluar dari keran yang seringkali digunakan oleh masyarakat sekitar bahkan telah menyerupai susu cokelat atau sudah seperti warna soda. Warnanya yang keruh membuat air tersebut sudah tidak lagi jernih melainkan berwarna cokelat pekat.

Baca juga: Begini Proses Isi Ulang Air Minum di India, Netizen Bersyukur Tinggal di Indonesia

Setiap harinya pada warga sekitar harus mengambil berpuluh-puluh liter air untuk diendapkan selama beberapa jam bahkan hingga semalaman agar bisa digunakan. Tidak jarang dari para warga di sana terpaksa harus meminum pasir dan kotoran yang masih mengapung pada air yang mereka ambil.

"Air ini tidak bisa digunakan untuk minum maupun mencuci, tetapi kami tidak punya pilihan lain. Kami harusmengendapkannya terlebih dahulu baru kemudian direbus airnya," kata seorang warga setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Alasan Orang Rusia Suka Makan Permen dari Darah Sapi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya