8 Cara Mudah Bersihkan Dispenser agar Bebas Kotoran

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 16 Jun 2021 10:30 WIB
8 Cara Mudah Bersihkan Dispenser agar Bebas Kotoran Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai wadah penyimpanan air minum, kebersihan dispenser penting diperhatikan. Begini delapan langkah mudah membersihkan dispenser.

Tidak terlihat kotor membuat kewajiban untuk membersihkan dispenser seringkali diabaikan. Padahal pentingnya menjaga kebersihan dispenser baik luar maupun dalamnya, tidak kalah penting dengan menjaga kebersihan peralatan lainnya.

Dispenser yang berfungsi sebagai wadah penympanan air minum di rumah akan sangat berbahaya jika tidak dijaga kebersihan dan kehigienisannya. Dispenser yang kotor akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan kotoran yang nantinya akan mudah masuk ke tubuh melalui air minum.

Kuman dan kotoran yang masuk ini sangat mengancam kesehatan tubuh, mulai dari sakit perut hingga keracunan bisa saja dialami karena dispenser yang kotor. Ternyata membersihkan dispenser bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah di rumah.

Berikut ini 8 langkah mudah membersihkan dispenser di rumah menurut Flokq (29/1):

8 Cara Mudah Bersihkan Dispenser agar Bebas Kotoran8 Cara Mudah Bersihkan Dispenser agar Bebas Kotoran Foto: iStock

1. Cabut Kabel dari Aliran Listrik

Sebelum membersihkan dispenser, pertama-tama cabut kabel yang tersambung pada listrik terlebih dahulu. Kabel yang masih tersambung pada listrik akan sangat berbahaya karena bisa saja terjadi konsleting atau listrik yang merambat ke tubuh.

Pastikan untuk melindungi bagian kabel agar tidak basah saat dibersihkan nanti. Kabel yang basah akan fatal akibatnya karena dapat menyebabkan konsleting listrik, merusak dispenser hingga membahayakan tubuh.

2. Lepaskan Komponen yang Akan Dibersihkan

Untuk memudahkan membersihkan hingga ke bagan dalam dan sela-sela dispenser, lepaskan semua bagian yang bisa dilepaskan. Mulai dari galon, bagian penahan galon, wadah penampung air dan bagian-bagian lainnya.

Pastikan untuk tetap teliti karena dispenser memiliki komponen yang cukup banyak ketika dilepaskan satu persatu. Melepaskan seluruh bagian yang bisa dilepaskan walaupun terlihat rumit tetapi akan mempermudah saat proses pembersihan dispenser.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke Bagian Dalamnya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com