Cicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber Asing

Diah Afrilian - detikFood Senin, 14 Jun 2021 18:00 WIB
Cicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber Asing Foto: YouTube/Jeanette's World
Jakarta -

Durian merupakan buah eksotis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Begini reaksi YouTuber dari berbagai negara saat mencoba durian.

Durian merupakan buah eksotis yang hanya ada di daerah-daerah beriklim tropis. Asia Tenggara yang mayoritas negaranya beriklim tropis membuat banyak jenis durian tumbuh dengan mudah di wilayah ini.

Bagi orang-orang di Asia Tenggara, durian bukan lagi buah aneh dengan bau busuk yang tidak sedap. Durian bahkan dinobatkan sebagai raja buah di berbagai negara di Asia Tenggara.

Tetapi pendapat yang bertentangan akan terjadi apabila durian dicicipi oleh orang-orang yang masih belum familiar. Beberapa bahkan bisa muntah ketika pertama kali mencoba durian.

Cicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber AsingCicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber Asing Foto: YouTube/Jeanette's World

Dilansir melalui akun YouTube Jeanette's World (10/6) Jeanette bersama kedua temannya, Dave dan Erina akan mencoba berbagai olahan durian. Mulai dari buah durian segar hingga jus durian.

Baca juga: Cicip Durian Musang King di Malaysia, Wanita Jepang Ini Jadi Ketagihan

Jeanette yang berasal dari Singapura sangat familiar dengan durian. Sedangkan kedua temannya, Dave dan Erina, tidak begitu familiar dengan buah durian. Jeanette memperlihatkan pada Erina, yang berasal dari Jepang, dan Dave yang berasal dari Australia, cara mengupas durian yang biasa dilakukan oleh orang-orang di Asia Tenggara.

"Aku belum pernah mencoba es krim durian dan jus durian sebelumnya," kata Dave.

Pertama-tama Jeanette memberikan sarung tangan plastik agar tangan Dave dan Erina tidak kotor saat mencicipi durian. Jeanette juga menjelaskan kepercayaan yang beredar di Asia Tenggara bahwa dengan minum langsung dari kulit durian dan mencuci tangan dari kulit buah durian dapat membuat baunya akan hilang dengan mudah.

"Durian yang ini jauh lebih enak daripada yang pernah aku coba beberapa waktu yang lalu," kata Erina.

Dave bahkan tidak bisa berhenti dan terus mengambil buah durian. Jeanette begitu terkejut karena kedua temannya yang tidak familiar dengan durian ternyata justru menyukai durian.

Cicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber AsingCicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber Asing Foto: YouTube/Jeanette's World

Selanjutnya mereka mencoba jus durian kemasan yang telah disiapkan oleh Jeanette. Saat dituangkan tekstur jus durian tersebut benar-benar sangat menyerupai susu.

Berbeda dengan buah durian segar, jus durian justru memiliki bau yang sangat menyengat. Erina yang tidak terbiasa dengan bau durian bahan hingga mengerutkan dahinya saat dipersilahkan oleh Jeanette untuk mencium aroma jus durian.

"Oh rasanya ternyata enak, hanya baunya saja yang sangat aneh," kata Erina.

Cicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber AsingCicip Ragam Olahan Durian, Begini Reaksi para YouTuber Asing Foto: YouTube/Jeanette's World

Sebagai makanan penutup setelah buah durian dan jus durian, ketiganya kemudian mencoba es krim durian. Es krim tersebut benar-benar terbuat dari durian asli yang begitu banyak sehingga bentuk, aroma hingga rasa benar-benar terasa kuat duriannya.

"Rasanya hanya seperti sisa durian yang dibekukan menjadi es," kata Dave.

Setelah semua hidangan durian dicicipi, para tim yang membantu shooting untuk video tersebut juga dipersilahkan untuk mencoba. Jenis durian yang bagus yang dipesan oleh Jeanette juga sangat mempengaruhi rasa dan aromanya. Semua tim, bahkan yang baru pertama kali mencoba durian langsung jatuh cinta pada buah ini.

Baca juga: Cicip Durian Untuk Pertama Kali, Cewek Korea Ini Langsung Ketagihan



Simak Video "Keistimewaan Durian Gencono di Lereng Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com