Persis Asli! Telur Orak-arik Ini Dibuat dari Kacang Kedelai

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 13 Jun 2021 05:00 WIB
telur orak-arik vegan terbuat dari kacang kedelai Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan banyak bermunculan makanan plant-based yang bisa dikonsumsi para vegan. Seperti telur orak-arik yang terbuat dari kacang kedelai. Gimana rasanya?

Telur adalah salah satu protein hewani yang rasanya enak dan mudah diolah menjadi hidangan apapun. Namun, karena termasuk protein hewani telur tidak boleh dikonsumsi oleh para pelaku vegan.

Mereka hanya bisa mengonsumsi makanan tinggi protein yang berasal dari tumbuhan. Oleh karenanya, baru-baru ini banyak bermunculan hidangan plant-based alias berbasis nabati. Seperti burger untuk vegan, steak, hingga telur.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Setelah Terkena Cabai

Dilansir dari Asia Nikkei (9/6), di Jepang ada telur yang bisa dinikmati oleh para vegan. Karena telur tersebut dibuat dari olahan kacang kedelai asli.

telur orak-arik vegan terbuat dari kacang kedelaitelur orak-arik vegan terbuat dari kacang kedelai Foto: dok. HOBOTAMA

Walaupun terbuat dari kacang kedelai, rasa dan teksturnya sangat mirip dengan telur asli. Hidangan berbahan kedelai ini bisa dibuat menyerupai telur orak-arik.

Produsen telur vegan ini adalah Kewpie, salah satu perusahaan mayones terkenal di Jepang. Kewpie menawarkan produk telur vegan bernama 'Hobotama' yang memiliki arti 'hampir telur'.

Baca Juga: 5 Tempat Beli Bakcang Enak Padat Isian di Jakarta

Sebelumnya Kewpie dikenal sebagai perusahaan yang sebagian besar bahan makanannya terbuat dari telur. Namun dengan meluncurkan produk Hobotama ini ia menggunakan kacang kedelai. Walaupun kini telah merambah produk nabati, tapi Kewpie akan tetap menawarkan produk telur seperti mayones.

telur orak-arik vegan terbuat dari kacang kedelaitelur orak-arik vegan terbuat dari kacang kedelai Foto: dok. HOBOTAMA

Telur orak-arik dari kacang kedelai ini dikemas dalam plastik bening. Tekstur telur nabati ini masih setengah matang ketika dikemas. Jadi, untuk menikmatinya harus dimasak layaknya membuat telur orak-arik.

Telur orak-arik nabati ini sangat cocok untuk menu sarapan vegan. Bisa dipadukan dengan roti dan sayuran ataupun disantap begitu saja.

Sebelumnya, ada juga produk telur nabati untuk vegan yang pernah diproduksi sebuah perusahaan dengan nama 'Just Egg'. Telur vegan itu dikemas dalam botol bening dan tampak mirip seperti telur asli yang dikocok. Telur vegan satu ini terbuat dari kacang hijau.

Baca Juga: 5 Telur Vegan Ini Terbuat dari Kacang Hijau hingga Kelapa!



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com