Hari Bakcang, Ini Cara Buat Bakcang yang Kokoh dan Padat Isian

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 13 Jun 2021 08:00 WIB
Bakcang Day Foto: detikcom/Diah Afrilian

3. Mengikat dan Merebus Bakcang

Untuk memudahkan saat mengikat bakcang, sebaikan gabungkan beberapa helai tali pada satu simpul besar kemudian ikatkan atau gantungkan pada penyangga yang kuat. Ikatkan bakcang pada setiap helai tali yang digabungkan tersebut.

Setelah semua adonan bakcang habis dibungkus, kemudian rebus bakcang selama 1 hingga 2 jam. Saat merebus bakcang, pastikan airnya cukup untuk merendam bakcang. Jika diperlukan cek sesekali untuk memastikan apakah bakcang sudah cukup matang atau belum.

Setelah matang, gantung kembali bakcang pada penyangga yang semula digunakan. Biarkan hingga dingin baru kemudian sajikan bakcang.

Bakcang DayBakcang Day Foto: detikcom/Diah Afrilian

Selain bakcang yang menggunakan beras atau ketan, ada juga bakpang yang terbuat dari adonan bakpao. Bakcang yang satu ini merupakan inovasi untuk menggabungkan hidangan roti tradisional Cina yaitu bakpao dengan isian bakcang yang gurih dan agak manis.

Cara Membuat Bakpao Bakcang

Hampir mirip dengan bakcang pada umumnya, bakpao bakcang ini hanya berbeda pada cara membungkusnya. Bakpao bakcang tidak dibungkus menggunakan daun bambu, melainkan dengan adonan bakpao itu sendiri.

Adonan bakpao akan dibagi menjadi beberapa adonan. Adonan putih sebagai pengganti lapisan beras atau ketan serta adonan berwarna hijau untuk lapisan daun bambu serta tali yang mengikatnya.

Bakcang DayBakcang Day Foto: detikcom/Diah Afrilian

"Jadi pertama-tama kita ambil 15 gram adonan putih dan 15 gram adonan luarnya yang hijau, kemudian kita pipihkan, diisi dengan ayam dan telur puyuh baru dilipat. Cara lipatnya juga sama seperti bakcang, hanya saja ini semua bahannya menggunakan terigu," kata Joko selaku chef Imperial Kitchen&Dimsum yang ditemui oleh detikcom pada (8/6).

Normalnya bakcang yang terbuat dari beras dan atau beras ketan serta bakcang yang terbuat dari bakpao bisa langsung dimakan begitu saja. Tetapi jika ingin rasa bakcang yang lebih pedas bisa ditambahkan cabai rawit baik pada isi maupun pendamping atau chili oil pada bakpao bakcang.

Baca juga: Ny Lena: Empuk Pulen Bacang Spesial dengan Isian Ayam Kuning Telur Asin

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com