Bukan Selada, Wanita Ini Hobi Makan Lalapan Bunga Segar

Devi Setya - detikFood Jumat, 11 Jun 2021 19:30 WIB
Bukan Selada, Wanita Ini Hobi Makan Lalapan Bunga Segar Foto: tiktok @ayuna's life
Jakarta -

Seorang wanita punya kebiasaan makan yang unik. Ia hobi makan nasi pakai lalapan bunga segar mulai dari kembang sepatu hingga bunga kamboja.

Bagi orang Indonesia, lalapan bisa jadi pelengkap makan yang enak. Biasanya lalapan terdiri dari sayuran atau buah segar seperti mentimun, selada, kemangi hingga terong hijau. Disantap dengan cocolan sambal bikin rasanya lebih enak.

Sebenarnya banyak jenis sayuran atau buah yang bisa jadi pilihan untuk lalapan. Seperti seorang wanita bernama Ayuna yang justru lebih tergoda makan lalapan bunga segar. Lewat akun instagram dan tiktoknya, Ayuna kerap pamer momen mukbang lengkap dengan lalapan uniknya.

Bukan Selada, Wanita Ini Hobi Makan Lalapan Bunga SegarBukan Selada, Wanita Ini Hobi Makan Lalapan Bunga Segar Foto: tiktok @ayuna's life

Bunga segar yang jadi santapannya ini terbilang beragam mulai dari bunga sepatu, bunga kamboja, bunga telang hingga bunga cosmos. Ia selalu makan bunga ini bersama nasi dan lauk tambahan.

Seperti dalam satu video yang menampilkan aksinya makan sambal pete dengan lalapan bunga telang, bunga cosmos dan daun kenikir. Sambil makan, Ayuna juga sering menjelaskan rasa dan manfaat dari bunga santapannya.


Dihubungi detikcom (10/6) Ayuna mengaku memang sudah terbiasa makan bunga sejak masih gadis. Ibu satu anak ini semakin sering makan bunga segar mulai tahun 2016 setelah membaca artikel soal manfaat dan kandungan antioksidan dalam bunga.

"Tahun 2016 saya baca artikel tentang edible flowers, baru tau bunga-bunga yang selama ini saya makan ternyata banyak manfaatnya. Nah dari situlah jadi suka makan bunga smpe sekarang," ujar Ayuna.

Untuk mendapatkan lalapan bunga segar ini, Ayuna mengaku mengandalkan bunga yang tumbuh di sekitar rumahnya. Ia juga menegaskan hanya menyantap bunga edible alias aman dimakan.

"Yang edible tentunya seperti bunga telang, kembang sepatu, mawar, kenanga, kantil, melati, cosmos, matahari dll masih banyak," lanjut Ayuna.

Bukan Selada, Wanita Ini Hobi Makan Lalapan Bunga SegarBukan Selada, Wanita Ini Hobi Makan Lalapan Bunga Segar Foto: tiktok @ayuna's life

Meski terbiasa makan bunga, tetapi wanita murah senyum ini tak terlalu suka makan jenis bunga yang aromanya sangat harum. Jadi untuk jenis bunga seperti kenanga, kantil atau melati dikonsumsi dengan cara dijadikan infused water.

Setiap bunga memiliki tekstur dan rasa berbeda. Ayuna mengatakan ada bunga yang rasanya manis, hambar, sepat bahkan pahit.

Bukan tanpa alasan, Ayuna mengaku makin lahap makan bunga karena kandungan nutrisinya. "Iya dong, bunga-bunga yang saya makan tinggi anti oksidan, tinggi kandungan vit E, vit C dan kandungan lainnya yg bermanfaat untuk kesehatan," pungkas Ayuna.



Simak Video "Lezatnya Santapan Oseng-oseng Bunga Turi "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com