Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke Bagian Dalamnya!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 12 Jun 2021 08:00 WIB
Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke BAgian Dalamnya! Foto: iStock

2. Merontokkan Kotoran

Ketika bagian yang dilepaskan sudah direndam semalaman, mulai gosok dengan bagian spons yang kasar. Jangan gosok dengan menggunakan benda bertekstur keras karena dapat merusak bagian-bagian kompor yang telah direndam tersebut.

Jika masih terdapat noda yang berkerak dan menempel cukup kuat, coba gosok dengan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Bulu halus pada sikat gigi dapat membantu merontokkan noda tanpa merusak lapisan dari kompor.

Kemudian pada bagian kompor lainnya, cukup bersihkan dengan lap lembap. Gosok perlahan hingga kotoran dan noda yang menempel bisa terlepas. Bilas semua bagian kompor yang telah dibersihkan dengan air mengalir maupun kain yang telah dibasahkan dengan air bersih pada bagian yang masih menempel pada kompor.

3. Membuat Kompor Berkilau Setelah Dibersihkan

Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke BAgian Dalamnya!Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke BAgian Dalamnya! Foto: iStock

Bukan hanya merontokkan kotoran, setelah dibersihkan kompor juga dapat dibuat kembali berkilau. Hanya butuh baking soda atau cuka untuk membuatnya kembali berkilau.

Campurkan 2 sendok baking soda dengan 1 liter air. Gunakan spons untuk mengoleskan larutan tersebut pada bagian kompor yang ingin dibuat lebih berkilau. Misalnya pada sisi kompor atau bagian depannya. Kemudian bilas dengan lap yang telah dibasahkan dengan air bersih.

Selain dengan larutan baking soda, kamu juga bisa membuat kompor kembali berkilau hanya dengan menggunakan cuka. Ambil sebuah lap dan basahkan salah satu ujungnya dengan cuka. Cukup gosokkan cuka pada permukaan kompor dan dapatkan kompor yang bersih dan bersinar.

4. Menghilangkan Bau Pada Kompor dan Oven Kompor

Pada kompor yang memiliki oven di bagian bawahnya, biasanya setelah memasak makanan beberapa bau akan menempel dan menyebar baik pada kompor maupun oven di bagian bawah. Cara menghilangkan bau ini bisa diatasi dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis.

Pada bagian kompor yang atas cukup gosokkan lemon untuk menghilangkan bau-bau sisa bahan makanan. Misalnya bau amis atau bau gosong dari makanan yang jatuh dan terbakar api. Membersihkan bau yang menempel ada kompor juga dibutuhkan agar bahan makanan lainnya tidak terkontaminasi oleh bau yang menempel sebelumnya.

Untuk kompor yang memiliki bagian oven di bawahnya, siapkan secangkir air dengan beberapa iris lemon. Masukkan lemon iris ke dalam cangkir tersebut dan panaskan dengan suhu 250 derajat selama 1 hingga 2 jam. Uap yang keluar dari air lemon tersebut akan mampu untuk menghilangkan bau dari sisa makanan yang tertinggal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com