7 Manfaat Ampas Kopi untuk Masker hingga Bersihkan Peralatan Dapur

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 09 Jun 2021 07:00 WIB
Manfaat Ampas Kopi Foto: iStock
Jakarta -

Kopi yang kamu minum sering menyisakan ampas kopi dan biasanya dibuang begitu saja. Ternyata ampas kopi bermanfaat untuk masker hingga bersihkan peralatan dapur.

Tak hanya minumannya saja yang bermanfaat, tapi ampas kopi juga memiliki banyak manfaat untuk berbagai hal. Seperti kesehatan wajah, rambut, tanaman, hingga peralatan dapur.

Banyak orang yang terbiasa langsung membuang ampas kopi karena tidak mengetahui manfaatnya. Jadi, mulai sekarang kamu jangan langsung membuang ampas kopi karena bisa dimanfaatkan kembali.

Baca Juga: Menu dan Harga Resmi BTS Meal Indonesia yang Rilis 9 Juni!

Dilansir dari Pure Wow (1/4), berikut 7 manfaat ampas kopi untuk masker hingga membersihkan peralatan dapur.

1. Scrub Tubuh

Manfaat Ampas KopiManfaat Ampas Kopi Foto: iStock

Kalau menyeduh kopi dalam jumlah besar, biasanya menghasilkan ampas kopi yang lumayan banyak. Jangan langsung membuang ampas kopinya dan manfaatkan kembali untuk scrub tubuh pengganti lulur kemasan.

Scrub tubuh dari ampas kopi akan membuat kulit tubuhmu halus dan lebih cerah karena bisa mengangkat sel kulit mati. Untuk membuatnya, gunakan setengah cangkir ampas kopi, minyak zaitun atau minyak kelapa secukupnya dan sedikit kulit jeruk parut. Aduk rata lalu oleskan ke seluruh tubuh.

2. Pupuk Tanaman

Manfaat Ampas KopiManfaat Ampas Kopi Foto: iStock

Ampas kopi tak hanya baik untuk wajah, tapi juga tanaman. Caranya dengan menjadikan ampas kopi sebagai pupuk kompos.

Kumpulkan ampas kopi bekas hingga cukup banyak lalu letakkan di atas tanah tanamanmu. Ampas kopi bermanfaat untuk meningkatkan nitrogen yang bagus untuk taman dan lingkungan.

3. Pengusir Semut hingga Kecoak

Semut dan kecoak adalah binatang yang sering ada di dapur dan rumah. Untuk mengusirnya, kamu bisa menggunakan ampas kopi karena menimbulkan aroma yang tajam. Kalau manusia pasti akan menyukai aroma kopi karena bisa memberikan efek menenangkan.

Namun, aroma kopi tidak disukai oleh serangga seperti semut, kecoak, dan lainnya. Jadi, kamu cukup gunakan ampas kopi atau bubuk kopi baru dan letakkan di bagian dapur atau rumah yang sering didatangi semut dan kecoak.

Baca Juga: 6 Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami, Pakai Bumbu Dapur Ini!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com