Bisnis Katering Bangkrut Karena Pandemi, Pasangan Ini Temukan Cara Bangkit Lagi

Devi Setya - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 19:30 WIB
Bisnis Katering Bangkrut Karena Pandemi, Pasangan Ini Temukan Cara Bangkit Lagi Foto: The Daily Mail
Jakarta -

Banyak bisnis terpaksa gulung tikar saat pandemi corona, termasuk bisnis kuliner. Tapi pasangan pemilik katering punya cara untuk menyelamatkan bisnisnya.

Semua orang harus putar otak untuk dapat bertahan di tengah pandemi. Pasangan pemilik katering asal Florida termasuk yang terkena dampak pandemi dan terpaksa gulung tikar karena bangkrut. Tapi suami istri ini akhirnya bisa mempertahankan bisnisnya setelah menemukan inovasi.

Ratusan acara yang dibatalkan sejak Maret 2020 membuat katering ini kehilangan pemasukan sama sekali. Kini, bisnis mereka justru makin sukses. Bukan lewat bisnis katering lagi, tapi mereka sukses menjalankan kelas masak online.

Bisnis Katering Bangkrut Karena Pandemi, Pasangan Ini Temukan Cara Bangkit LagiBisnis Katering Bangkrut Karena Pandemi, Pasangan Ini Temukan Cara Bangkit Lagi Foto: The Daily Mail

Dilansir dari The Daily Mail (8/6), pasangan Jen Earnest dan suaminya Jamey Evnoiuk terinspirasi oleh layanan aplikasi video online. Mereka mulai membuka kelas memasak online yang difasilitasi lewat aplikasi Zoom.

Untuk memudahkan para peserta mengikuti instruksi masak, Jen dan Jamey mengirimkan bahan masakan lengkap dengan bumbunya. Hal ini membuat para karyawan kateringnya tetap bekerja dan tak terkena phk. Sebelum terdampak pandemi, katering ini terbilang besar dan populer. Pelanggannya meliputi mantan Presiden George W. Bush, duta besar internasional, pejabat tinggi dari PBB, bintang film dan produser.

"Semua acara Maret-Mei dibatalkan dalam sekejap mata. Dan dalam sebulan semua acara dibatalkan atau dijadwalkan ulang sampai waktu yang tidak jelas. Ratusan order katering yang dibatalkan ini rasanya seperti menghancurkan bisnis kami," ujar Jen kepada The Daily Mail.

Sempat merasa cemas, takut dan khawatir akan masa depan bisnisnya tapi Jen mengaku memiliki suami yang tenang sehingga membuatnya bisa berpikir dengan jernih. "Saya percaya semua akan baik-baik saja. Sampai akhirnya ada ide cemerlang yang menyelamatkan bisnis ini," lanjut Jen.

Awalnya Jen merasa minder soal kelas memasak online ini namun ternyata peminatnya justru membludak. Untuk dapat mengikuti kelas memasak ini, peserta harus membayar $95 (Rp 1,3 juta) untuk bisa mendapatkan bahan masakan serta tutorial cara memasaknya.

Bisnis Katering Bangkrut Karena Pandemi, Pasangan Ini Temukan Cara Bangkit LagiBisnis Katering Bangkrut Karena Pandemi, Pasangan Ini Temukan Cara Bangkit Lagi Foto: The Daily Mail

Bahan makanan ini meliputi sumber protein seperti daging, ayam atau ikan. Kemudian ada juga sayuran, biji-bijian, rempah bahkan alkohol untuk memasak. Masakan yang dibuat ini cukup untuk 2-4 porsi orang dewasa.

Jen merasa senang bisnisnya bisa kembali bangkit. Ia juga turut senang karena banyak keluarga yang akhirnya bisa memasak makanan enak di rumah. "Ada banyak keluarga yang bahagia berkumpul sambil makan masakan ibunya," pungkas Jen.



Simak Video "Tips Inovasi Bisnis Kuliner saat Pandemi ala Chef Arnold"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com