Unik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk, Segini Biayanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 16:30 WIB
Unik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk untuk Berbagai Tujuan Foto: Oddity Central/Instagram Debucari
Jakarta -

Bukan Jepang namanya kalau tak ada hal unik yang mencuri perhatian. Terbaru, ada jasa sewa orang-orang gemuk untuk berbagai tujuan. Segini biayanya!

Dikutip dari Oddity Central (8/6), layanan baru di Jepang ini jadi perbincangan karena membolehkan individu atau perusahaan menyewa "orang-orang gemuk". Biayanya mencapai 2.000 yen (Rp260 ribu) per jam!

Layanan ini bernama Debucari. Isinya adalah orang-orang gemuk dengan berat lebih dari 100 kg yang siap disewa. Alasan bisnis jasa unik ini tak lain karena di Jepang, jumlah orang gemuk sangatlah jarang.

Pengusaha Debucari lantas berpikir adanya kesempatan untuk 'menjual' orang-orang gemuk ini via layanan online. Pihaknya menilai ada peluang bisnis di sini.

Unik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk untuk Berbagai TujuanUnik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk untuk Berbagai Tujuan Foto: Oddity Central/Instagram Debucari

Debucari dimiliki oleh Mr Bliss, pria yang sama dengan yang mendirikan merek fashion khusus untuk orang gemuk bernama Qzilla. Mr Bliss bercerita, ide Debucari muncul setelah ia kesulitan mencari model bertubuh gemuk untuk merek fashionnya.

Ia lantas mendirikan agensi talent khusus orang-orang gemuk pada tahun 2017. Sekitar 45 orang yang kebanyakan adalah pelanggan Qzilla, bergabung dalam agensi ini.

Pada April tahun ini, Debucari mengumumkan biaya sewa orang-orang gemuk ini yang mencapai sekitar Rp260 ribu tadi. Lantas apa ya alasan yang dipikirkan Debucari kalau orang-orang mau menyewa orang gemuk?

Unik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk untuk Berbagai TujuanUnik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk untuk Berbagai Tujuan Foto: Oddity Central/Instagram Debucari

Contohnya, mungkin seseorang butuh orang gemuk menjadi model untuk pakaian yang sedang dicari untuk kado teman mereka yang gemuk. Atau mungkin dengan menyewa orang gemuk, seseorang bisa merasa lebih baik tentang dirinya. Mereka bisa berpikir ada orang yang lebih gemuk sehingga mereka tak perlu khawatir.

Untuk perusahaan, orang-orang gemuk ini bisa jadi bagian dalam iklan atau mempromosikan usaha diet. Debucari sendiri mendefinisikan kata "gemuk" ke arah yang positif dan memberdayakan.

Bagi mereka yang tertarik gabung dalam Debucari, harus tidak memiliki masalah jika dipanggil gemuk. Syarat lainnya, berat badan harus di atas 100 kg. Layanan ini menerima pria maupun wanita dengan umur di atas 18 tahun.

Unik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk untuk Berbagai TujuanUnik! Di Jepang Bisa Sewa Orang Gemuk untuk Berbagai Tujuan Foto: Oddity Central/Instagram Debucari

Sebelumnya juga viral jasa pacar sewaan untuk beragam kepentingan. Misalnya untuk menemani hari Valentine agar seseorang tidak merasa kesepian. Jasa ini pernah ditawarkan pria asal Selandia Baru, Peter Wilding.

Tarif yang ditentukan Peter dimulai dari Rp 141.000. Dengan harga tersebut, Peter akan menjadi teman ngobrol selama satu jam.

Selain itu, ada juga paket dengan harga Rp 280.000. Di paket tersebut Peter akan menemani klien untuk makan cokelat, pie dan minum bersama. Bahkan Peter juga menawarkan untuk gandengan tangan dan selfie.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com