Mengintip 5 'Kembaran' Pempek di China hingga Denmark

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Jun 2021 15:00 WIB
Mengintip 5 ‘Kembaran’ Pempek di China hingga Denmark Foto: iStock

3. Denmark

Mengintip 5 'Kembaran' Pempek di China hingga DenmarkMengintip 5 'Kembaran' Pempek di China hingga Denmark Foto: iStock

Di Denmark, ada kembaran pempek yang dari segi rasa cukup mirip meski penampilannya sedikit berbeda. Namanya fiske frikadeller, tampilannya mirip seperti patty untuk burger ikan hanya saja lebih tipis dan pipih.

Diolah dari fillet ikan kod yang dihaluskan dan dicampur dengan cuka dari anggur putih. Kemudian ciri khasnya mereka menggunakan bubuk kari, dan whipping cream untuk penguat rasa.

Fiske Frikadeller biasa dimakan dengan sayuran atau salad, serta yogurt. Teksturnya renyah tapih lembut di dalam. Ada juga versi lain dari fiske frikadeller di mana penyajiannya direbus bukan digoreng.

4. Israel

Mengintip 5 'Kembaran' Pempek di China hingga DenmarkMengintip 5 'Kembaran' Pempek di China hingga Denmark Foto: iStock

Banyak kuliner menarik yang jadi hidangan orang-orang Yahudi atau biasa disebut Jewish cuisine. Salah satunya Gefilte fish. Kembaran dari pempek ini diolah hanya menggunakan daging ikan putih tanpa duri dan tulang.

Kemudian daging ikan putih ini dicampur dengan adonan matzo atau challah. Yaitu sejenis roti pipih yang mirip seperti nasi di Indonesia. Bentuk dari gefilte ini bulat tebal, teksturnya lembut dan mirip seperti tahu.

Karena dikukus dan dimakan dengan roti pipih, jadi olahan ikan ini lebih sehat dan rendah lemak. Bumbunya juga minimalis karena orang-orang sering memakan olahan ikan ini dengan masakan lain yang lebih berempah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Pempek dan Model Khas Palembang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com