Konsumsi 5 Makanan Ini Bisa Cegah Kamu dari Gigitan Nyamuk

Diah Afrilian - detikFood Senin, 07 Jun 2021 06:00 WIB
Ilustrasi Nyamuk Foto: iStock
Jakarta -

Gigitan nyamuk seringkali saat mengganggu saat malam. Ternyata gigitan nyamuk tersebut bisa dihindari dengan konsumsi bahan makanan tertentu.

Gigitan nyamuk seringkali sangat mengganggu terutama ketika tidur malam. Dengung nyamuk yang beterbangan juga tidak kalah mengganggunya di telinga.

Rasa gatal terkadang sedikit perih yang disebabkan oleh gigitan nyamuk akan membuat tidur menjadi tidak tenang. Terkadang bekas dari gigitan nyamuk juga akan berlangsung lama bahkan hingga berhari-hari.

Untuk mengatasi gigitan nyamuk ternyata bukan hanya bisa diatasi dengan menggunakan obat nyamuk bakar, semprot maupun elektrik. Untuk menghindari nyamuk bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan makanan tertentu yang direkomendasikan.

Berikut ini bahan makanan yang direkomendasikan untuk hindari gigitan nyamuk menurut Times of India (1/6).

tips bawang putihFoto: iStock

1. Bawang Putih dan Bawang Bombai

Manfaat bawang putih dan bawang bombai masih belum begitu populer untuk mencegah gigitan nyamuk. Bawang bombai dan bawang putih sebenarnya dapat melepaskan senyawa allicin saat dikonsumsi.

Senyawa allicin ini terbukti ampuh untuk membuat nyamuk membenci aroma tubuh manusia. Tidak hanya bawang bombai dan bawang putih, senyawa tersebut juga bisa didapatkan melalui jenis bawang-bawangan yang lain.

2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asma yang begitu tinggi. Nyamuk sangat tidak menyukai aroma asam termasuk yang dikeluarkan oleh cuka apel.

Menambahkan cuka apel pada makanan seperti madu, sup atau salad terbukti ampuh untuk mencegah gigitan nyamuk pada tubuh. Selain itu coba juga untuk menyampurkan cuka apel dengan pengharum ruangan untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Musim DBD! Lindungi Tubuh dengan Konsumsi 5 Makanan Pencegah DBD Ini

3. Serai

Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur!Foto: iStock

Serai memiliki minyak yang dikenal dengan nama citronella. Serai menjadi bahan makanan yang sangat populer digunakan untuk mengusir atau mencegah nyamuk.

Menambahkan serai ke dalam bumbu masakan juga bisa menjadi alternatif untuk mencegah gigitan nyamuk. Biasanya aroma serai juga banyak digunakan sebagai pewangi ruangan untuk menghalau nyamuk memasuki ruangan di rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com