Ini Sebabnya Makanan Pilot dan Co Pilot di Pesawat Selalu Berbeda Menunya

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 05 Jun 2021 15:00 WIB
Ini Sebabnya Makanan Pilot dan Co Pilot di Pesawat Selalu Berbeda Menunya Foto: @danidboyy1/TikTok
Jakarta -

Bukannya karena gengsi atau tidak mau disamakan. Ternyata ada alasan tersendiri mengapa pilot, selalu disajikan makanan yang berbeda dengan yang lain saat berada di dalam pesawat.

Makanan di pesawat sering menimbulkan pro dan kontra. Entah karena rasanya yang tidak enak, sampai pilihan menunya yang kurang beragam. Tapi hal itu tidak berlaku bagi kapten pilot yang bertugas dalam penerbangan tersebut.

Dilansir dari Indy 100 (05/06), banyak orang yang penasaran mengapa makanan pilot selalu berbeda dengan yang lainnya di pesawat. Menanggapi hal ini, salah satu pramugari mengunggah video penjelasannya di akun TikTok @daniboyy1.

Baca Juga: Maskapai Ini Jual Makanan Pesawat untuk yang Kangen Traveling

Pramugari bernama Dani ini mengungkapkan, bahwa beberapa maskapai penerbangan memang melarang para pilot, untuk menyantap makanan yang sama dengan orang lain selama penerbangan.

Bukan karena masalah gengsi atau status jabatan, tapi lebih untuk keselamatan para penumpang dan penerbangan. Jadi setiap kabin kru yang bertugas selalu menyiapkan makanan yang berbeda untuk kapten pilot, dan co-pilot.

Ini Sebabnya Makanan Pilot dan Co Pilot di Pesawat Selalu Berbeda MenunyaIni Sebabnya Makanan Pilot dan Co Pilot di Pesawat Selalu Berbeda Menunya Foto: @danidboyy1/TikTok

Tujuannya agar jika satu pilot jatuh sakit setelah menyantap makanan tersebut, maka pilot lain bisa mengambil alih pekerjaannya. Jika keduanya menyantap makanan yang sama, maka besar kemungkinan keduanya akan mengalami masalah yang sama.

Tentunya hal ini mengancam keselamatan seluruh penumpang, karena tidak ada yang bisa mengambil alih penerbangan.

"Sebenarnya perbedaan makanan ini dilakukan, untuk jaga-jaga saja. Jika satu makanan terkontaminasi, maka kapten pilot atau co-pilot masih bisa ambil alih tugas penerbangan. Jadi jika yang satu sakit setelah memakan satu jenis makanan, yang lainnya masih sehat," jelas Dani.

Tentu saja video ini berhasil menjawab rasa penasaran netizen, yang selalu bingung kenapa pilot makanannya selalu diantarkan paling awal, dan selalu berbeda dengan penumpang. Banyak juga komentar lucu yang masuk dari netizen, membayangkan jika mereka berada di posisi pilot yang makanannya tak boleh sama.

"Bayangkan jika kapten dan co-pilot rebutan ayam goreng. Yang satu mau menu ayam goreng, yang satu juga mau ayam goreng, pasti mereka pernah bertengkar," komen netizen.

Ini Sebabnya Makanan Pilot dan Co Pilot di Pesawat Selalu Berbeda MenunyaIni Sebabnya Makanan Pilot dan Co Pilot di Pesawat Selalu Berbeda Menunya Foto: @danidboyy1/TikTok

"Jika saya menjadi pilot, dan melihat makanan co-pilot atau penumpang lain lebih enak. Pastinya saya akan ngambek dan tak mau menerbangkan pesawat," canda netizen.

"Lucu sekali, meski alasannya untuk keselamatan bersama. Tapi pasti pilot-pilot ini pernah iri dengan makanan penumpang," tambah netizen lainnya.

Namun banyak juga yang menambahkan, bahwa sebenarnya peraturan perbedaan makanan ini sudah dihapuskan beberapa tahun lalu oleh penerbangan lainnya.

"Sebenarnya ini peraturan yang lama dan sudah tidak berlaku. Jadi tidak benar," ungkap netizen. Namun Dani menambahkan, bahwa memang betul tak semua penerbangan menerapkan peraturan ini lagi. Tapi masih ada beberapa yang tersisa, termasuk maskapai penerbangan tempat Dani bekerja saat ini.

"Untuk menambahkan saja, memang tidak semua maskapai penerbangan melakukan ini. Tapi memang tidak seharusnya pilot dan co-pilot menyantap makanan yang sama, namun mereka bisa pesan makanan yang mereka inginkan. Jika mereka ingin menyantap makanan yang sama, salah satu orang harus tidak makan sampai mereka mendarat atau sampai makanan itu terjamin aman," pungkas netizen.

Baca Juga: 12 Fakta Soal Makanan Pesawat Ini Perlu Kamu Ketahui



Simak Video "Bikin Laper: Kepak Madu Buatan Pilot Rupawan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com