Yummy! Pastry Chef Ini Bikin Cokelat Isi Serangga Cicada

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 03 Jun 2021 12:30 WIB
Cokelat Isi Serangga Cicada Foto: Chouquette Chocolates
Jakarta -

Biasanya cokelat diisi dengan kacang tanah, almond, atau selai buah. Tapi, pastry chef satu ini membuat isian unik dengan serangga cicada. Seperti apa rasanya?

Cokelat adalah jenis dessert yang banyak digemari. Karena rasanya yang manis dan dipercaya bisa meningkatkan mood jadi lebih baik.

Beragam cokelat ditawarkan dengan isian yang enak. Mulai dari kacang tanah, almond, selai buah, karamel, dan lainnya. Tetapi ada juga cokelat yang diberisi isian yang tak lazim.

Pastry Chef bernama Sarah Dwyer membuat inovasi baru untuk isian cokelat. Dilansir dari Insider (), ia menggunakan isian berupa serangga cicada atau tenggoret.

Cokelat Isi Serangga CicadaCokelat Isi Serangga Cicada Foto: Chouquette Chocolates

Belakangan ini, serangga cicada atau tenggoret sedang jadi tren di Amerika Serikat. Banyak yang mengonsumsi serangga cicada ini karena rasanya yang gurih enak.

Seorang profesor bernama Jessica Fanzo dari Bloomberg sempat menyebutkan kalau rasa dari cicada ini mirip dengan udang. "Cicada memiliki rasa yang sangat mirip dengan udang, Bisa dibilang mereka adalah udang yang hinggap di pepohonan," jelasnya, seperti dikutip dari detikFood (22/5).

Baca Juga: Lebih Enak dari Udang, Serangga Cicada Bakal Jadi Makanan Populer Masa Depan

Sarah Dwyer menawarkan cokelat isi serangga cicada ini di toko cokelat miliknya yaitu Chouquette Chocolates. Dwyer juga menunjukkan dalam sebuah video bagaimana cokelat isi serangga cicada itu dibuat.

Cokelat Isi Serangga CicadaCokelat Isi Serangga Cicada Foto: Chouquette Chocolates

Dwyer yang dibantu oleh timnya mengumpulkan serangga cicada dari pepohonan. Kemudian ia menyimpannya dalam freezer, lalu merebusnya untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada serangga cicada.

Setelah serangga cicada bersih, Dwyer melumurinya dengan minyak zaitun dan menambahkan rempah berupa kayu manis bubuk dan bumbu old bay. Lalu, serangga cicada itu dimasak dalam air fryer.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warteg Modern yang Seru Buat Makan Enak Plus Nongkrong

Saat serangga cicada sudah siap, Dwyer menyelupkannya ke dalam cokelat susu atau dark chocolate. Kemudian ditiriskan dan dibiarkan dingin.

Cokelat Isi Serangga CicadaCokelat Isi Serangga Cicada Foto: Chouquette Chocolates

Hasilnya, cokelat isi serangga cicada itu bertekstur renyah. Dwyer mengatakan kalau rasanya mirip seperti cokelat isi walnut panggang.

Cokelat isi serangga cicada itu dijual dengan harga $22 (Rp 314 ribu) per lusinnya. Ide unik dari Sarah Dwyer ini ternyata menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang menyukai idenya itu, namun tak jarang juga ada yang menganggap cokelat isi serangga cicada itu menjijikkan.

Baca Juga: Kejadian Lagi! Wisatawan Kena Getok Harga di Warkop Puncak



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com