Lebih Enak dari Udang, Serangga Cicada Bakal Jadi Makanan Populer Masa Depan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 22 Mei 2021 08:00 WIB
Lebih Enak dari Udang, Serangga Cicada Bakal Jadi Makanan Populer Masa Depan Foto: Stock Photo/Site News
Jakarta -

Serangga sebagai makanan memang bukan hal yang baru lagi. Baru-baru ini muncul serangga jenis cicada, yang disebut rasanya lebih enak dari udang dan kaya nutrisi.

Selama beberapa tahun terakhir popularitas makanan dari serangga terus meningkat di berbagai negara. Bahkan baru-baru ini muncul studi terbaru tentang pola makan manusia di masa depan.

Baca Juga: Serangga hingga Bulu Ayam, Alternatif Makanan di Tahun 2021

Nantinya manusia mau tidak mau harus terbiasa mengonsumsi cacing hingga ulat, sebagai sumber makanan baru. Begitu juga dengan kemunculan serangga cicada yang sebenarnya sudah ada sejak dulu.

Dilansir dari Baltimore CBS (21/05), serangga yang satu ini masih satu spesies dengan tonggeret yang banyak ditemukan di Indonesia. Cicada terkenal dengan suaranya yang nyaring dan hinggap di pepohonan tinggi.

Lebih Enak dari Udang, Serangga Cicada Bakal Jadi Makanan Populer Masa DepanLebih Enak dari Udang, Serangga Cicada Bakal Jadi Makanan Populer Masa Depan Foto: Stock Photo/Site News

Menurut profesor ternama asal Amerika, ia menyebutkan bahwa cicada cocok sebagai snack atau makanan baru untuk manusia.

"Cicada memiliki rasa yang sangat mirip dengan udang. Bisa dibilang mereka adalah udang yang hinggap di pepohonan," jelas Jessica Fanzo, selaku profesor yang menangani kebijakan pangan global dari Bloomberg.

Fanzo bahkan sudah berencana untuk mengumpulkan serangga cicada yang dia temukan sebanyak mungkin. Nantinya akan dia simpan sebagai stok makanan, karena dia sendiri sangat suka dengan rasa serangga satu ini.

Fanzo yang tinggal di Maryland, ingin memperkenalkan serangga ini sebagai makanan baru yang lebih ramah lingkungan. Selain rasanya yang enak, cicada merupakan sumber protein yang baik untuk manusia.

Lebih Enak dari Udang, Serangga Cicada Bakal Jadi Makanan Populer Masa DepanLebih Enak dari Udang, Serangga Cicada Bakal Jadi Makanan Populer Masa Depan Foto: Stock Photo/Site News

"Kita sedang berada dalam problematika perubahan iklim. Serangga merupakan sumber makanan alternatif yang bagus, dibandingkan daging hewan lainnya. Contohnya seperti sapi, yang memproduksi banyak emisi gas rumah kaca dari proses peternakannya," jelas Fanzo lebih lanjut.

Bagi yang baru mau mencoba serangga cicada untuk pertama kalinya, Fanzo menyarankan untuk memilih serangga jenis nimfa betina. Ciri khasnya warna serangga ini lebih keputihan, dan lebih sering ditemukan di tanah.

"Uniknya lagi serangga ini bisa kita masukkan ke dalam wadah untuk dibekukan. Ketika akan dimakan, kita hanya perlu merebusnya selama dua menit. Kemudian cicada ini bisa dimasak dengan bumbu dan resep sesuai selera," tutrnya.

Karena rasanya yang mirip seperti udang. Cicada cocok dipanggang dengan bumbu garam dan lada. Bisa juga ditumis dengan makanan lainnya seperti pasta atau sayuran.

Meski masih terdengar aneh bagi sebagian orang. Konsumsi serangga sebagai makanan sehari-hari sudah menjadi budaya kuliner di Meksiko, Thailand, hingga Afrika sejak dulu.

"Kalian hanya perlu pergi ke Meksiko, dan mencoba jangkrik goreng di sana. Rasanya sangat enak," pungkas Fanzo.

Baca Juga: Gokil! Wanita Ini Mukbang Ulat hingga Belalang Goreng di Pasar



Simak Video "Ide Awal Munculnya Taman Piknik di Museum Satria Mandala"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com