Serangga hingga Bulu Ayam, Alternatif Makanan di Tahun 2021

Sonia Basoni - detikFood Senin, 04 Jan 2021 13:00 WIB
Serangga hingga Bulu Ayam, Alternatif Makanan di Tahun 2021 Foto: iStock/TikTok/Reuters
Jakarta -

Semakin banyak sumber makanan alternatif yang dikembangkan. Di tahun 2021 adamakanan dari bulu ayam hingga serangga yang jadi alternatif makanan baru.

Sumber makanan alternatif memang sudah banyak jenisnya dan bukan hal yang baru lagi. Sepanjang tahun 2020, banyak ilmuwan dan penelitian yang mengembangkan sumber makanan alternatif.

Mulai dari makanan yang berbahan dasar aneka serangga. Kemudian ada juga berbagai produk daging lab yan dibuat dari bahan ramah lingkungan.

Terakhir ada ilmuwan asal Thailand yang mengubah bulu ayam menjadi bubuk berprotein. Serta aman untuk dimakan oleh manusia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima alternatif makanan di tahun 2021.

1. Daging Burger

Serangga hingga Bulu Ayam, Alternatif Makanan di Tahun 2021Serangga hingga Bulu Ayam, Alternatif Makanan di Tahun 2021 Foto: iStock/TikTok/Reuters

Masuk ke dalam daftar makanan yang paling populer di dunia. Burger biasanya menggunakan patty dari daging sapi. Tapi di tahun 2021, kemungkinan daging burger dibuat dari produk lab.

Lewat terobosan yang diproduksi oleh Mosa Meat. Produsen makanan dari Belanda ini, memproduksi daging burger di dalam lab atau lab-grown meat dinilai lebih terjangkau dan sehat.

Menurut Mosa Meat, daging tiruan dari lab ini bisa dijual dengan harga yang terjangkau. Selain itu dampak untuk lingkungannya juga lebih rendah dibandingkan menggunakan daging sapi asli.

2. Bulu ayam

Serangga hingga Bulu Ayam, Alternatif Makanan di Tahun 2021Serangga hingga Bulu Ayam, Alternatif Makanan di Tahun 2021 Foto: iStock/TikTok/Reuters

Bulu ayam biasanya dibuang begitu saja dan menumpuk menjadi limbah yang merusak lingkungan. Untuk itu seorang ilmuwan asal Thailand bernama Sorawut Kittibanthorn, mengembangkan bulu ayam jadi makanan.

Menurutnya bulu ayam ini punya kandungan protein yang lumayan tinggi. Untuk diolah jadi makanan, sebelumnya bulu ayam dihaluskan hingga teksturnya menyerupai tepung terigu.

Setelah itu tepung bulu ayam ini bisa dibuat jadi steak sampai nugget. Meski dalam tahap pengembangan. Tapi bulu ayam ini bisa dijadikan sebagai sumber alternatif makanan di masa depan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com