5 Kontroversi Nasi Padang dan Rendang yang Pernah Viral

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 01 Jun 2021 19:00 WIB
5 Kontroversi Nasi Padang dan Rendang yang Pernah Viral Foto: National Geographic

4. Rendang ayam harus renyah

5 Kontroversi Nasi Padang dan Rendang yang Pernah Viral5 Kontroversi Nasi Padang dan Rendang yang Pernah Viral Foto: iStock

Kontroversi masakan Minang juga muncul dalam kontes MasterChef Inggris tahun 2018. Saat itu kontestan berdarah Malaysia, Zaleha Kadir Olpin membuat rendang ayam.

Juri kala itu, Gregg Wallace kemudian menilai kulit ayam buatan Zaleha tidak renyah. Setelahnya, kritik untuk Gregg langsung banjir di media sosial.

Mereka menilai Gregg tak tahu apa-apa soal cara memasak rendang. Terlebih menilai kerenyahan kulit rendang ayam dan keempukannya.

Baca Juga: Rendang Ayam Harus Renyah? Ini Pendapat Ahli Kuliner Minang Soal Rendang Ayam

5. William Wongso jadi mentor rendang Gordon Ramsay

5 Kontroversi Nasi Padang dan Rendang yang Pernah Viral5 Kontroversi Nasi Padang dan Rendang yang Pernah Viral Foto: National Geographic

Tahun lalu Gordon Ramsay mengunjungi Sumatera Barat dalam rangkaian syuting Uncharted, program dokumenter buatan National Geographic. Dikisahkan ia menemui pakar kuliner William Wongso untuk belajar membuat rendang.

Hal ini jadi kontroversi karena ada netizen yang menilai William Wongso tidak cocok disebut sebagai mentor atau master rendang. Akun @MPribumi mengatakan, "Saya tidak tahu kalau master rendang adalah William Wongso. Di mana para chef asli Sumatera Barat yang membuat rendang sesungguhnya? Di mana orang-orang Minang yang daerahnya merupakan asal muasal rendang? Di mana mereka? Tidak ada chef asli Minang? Apa yang terjadi?"

Namun hal ini juga mendapat banyak sanggahan. Banyak netizen yang juga membela dengan menyebut kiprah William Wongso selama ini di dunia kuliner yang tak lelah mempromosikan makanan Indonesia di luar negeri.

Baca Juga: William Wongso Jadi Mentor Rendang Gordon Ramsay, Netizen Pro Kontra

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com