Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 01 Jun 2021 11:00 WIB
Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu! Foto: TikTok @sofia.marbella
Jakarta -

Etiket makan pisang di jamuan makan formal ternyata berbeda dengan keseharian. Pakar etiket ini menuai kontroversi setelah menyarankan makan pisang pakai pisau dan garpu.

Cara makan pisang sejatinya mudah karena tinggal mengupas kulit dan daging buahnya bisa langsung dimakan pakai tangan. Namun faktanya, cara makan pisang jauh berbeda ketika kamu berada dalam jamuan makan formal.

Pakar etiket Sofia Marbella yang eksis di TikTok memberikan tutorial cara makan pisang secara formal (7/5). Videonya viral hingga sudah ditonton lebih dari 6,6 juta kali saat berita ini ditulis.

Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu!Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu! Foto: TikTok @sofia.marbella

Wanita 46 tahun ini mengambil pisang lalu menaruhnya di piring. "Saat pisang dimakan dengan pisau dan garpu, kulit pisang akan terkelupas seluruhnya (kulitnya menempel ke sisi piring), dan dipotong sedikit demi sedikit (daging buahnya) dari kiri ke kanan," tulis Sofia.

Pertama, potong ujung atas dan bawah pisang. Kemudian, kupas kulit pisang secara horizontal menggunakan ujung pisau dan biarkan kulit itu menempel di piring. Kemudian potong-potong daging buah pisang dengan pisau dan nikmati secara elegan menggunakan garpu.

Baca Juga: Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Begini Etiket Bungkus Makanan di Acara Hajatan

Cara makan pisang secara formal ala Sofia ini juga sama seperti yang disarankan situs Etiquette Scholar. Meski terlihat lebih repot, namun faktanya cara makan seperti inilah yang disarankan ketika berada dalam jamuan makan.

Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu!Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu! Foto: TikTok @sofia.marbella

Kolom komentar video Sofia dipenuhi pro dan kontra dari netizen soal cara makan pisang menggunakan pisau dan garpu. Ada yang setuju, namun banyak pula yang tidak setuju karena menilai hal ini aneh.

"Dia (Sofia) hanya menjelaskan kalau cara makan ini berlaku untuk acara makan formal, kalau kamu tidak suka, acuhkan saja. Dia hanya mencoba mengajarkan kita ilmu etiket," kata seorang netizen.

"Makan dengan tangan sebaiknya tidak dilihat sebagai sesuatu yang informal. Banyak budaya di negara dunia melakukannya dan tutorial ini seperti memberi stigma negatif untuk orang-orang yang makan pisang dengan tangan," sahut netizen lainnya.

Baca Juga: Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Jamuan Makan Demi Kesopanan

Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu!Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu! Foto: TikTok @sofia.marbella

Tak sedikit pula netizen Indonesia yang mengomentari cara makan pisang dengan pisau dan garpu ini. "Nggak berlaku buat orang yang nggak sabaran," ujar seorang netizen.

Netizen lain lalu mengingatkan, "Ini namanya table manner ya kawan-kawan. Etika saat makan di jamuan formal, juga digunakan di internasional."

Sebelumnya, Sofia memang dikenal dengan konten-konten seputar tips etiket dasar. Tak jarang, kontennya juga seputar cara menikmati makanan di jamuan formal.

Terbaru, Sofia juga menunjukkan cara makan croissant. Berbeda dengan cara makan pisang secara formal yang pakai pisau dan garpu, cara makan croissant formal justru pakai tangan.

Caranya mudah, tinggal merobek sedikit demi sedikit bagian croissant. Sofia menjelaskan kalau croissant adalah menu sarapan yang umum dinikmati bersama kopi.

Baca Juga: Mau Bersantap Malam di Restoran Mewah? Ini 7 Hal yang Penting Diperhatikan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com