Mau Bersantap Malam di Restoran Mewah? Ini 7 Hal yang Penting Diperhatikan

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 23 Sep 2018 17:37 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Makanan lezat sudah tentu jadi suguhan. Tetapi di restoran mewah ada sejumlah tata cara makan yang juga harus ditaati.

Bersantap di restoran mewah tentulah menyenangkan. Suasana nyaman dan makanan serta pelayanan istimewa menanti. Pastinya ada pengalaman makan sitimewa.

Jangan khawatir jika baru pertama kali makan di restoran mewah. Chef Timothy Hollingsworth, pemilik restoran Otium di Los Angeles dan mantan chef di de cuisine di Thomas Keller's French Laundry, AS serta Julia Esteve-Boyd ahli etiket makan membagikan tipsnya.

Mau Bersantap Malam di Restoran Mewah? Ini 7 Hal yang Penting DiperhatikanFoto: Istimewa

1. Lakukan reservasi
Jangan harap bisa makan di restoran mewah tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda tak kecewa jika sudah datang jauh jauh namun tak kebagian tempat. Karena restoran mewah favorit biasanya punya banyak pelanggan. Tapi jangan cuma andalkan reservasi tempat via aplikasi online saja. Anda bisa melakukan reservasi via telpon.

Mau Bersantap Malam di Restoran Mewah? Ini 7 Hal yang Penting DiperhatikanFoto: iStock

2. Cara berpakaian
Pakar etiket, Julia Esteve-Boyd mengatakan agar tak mengenakan jeans ke restoran mewah pada This Is Insider (5/7). Sebaiknya kenakan pakaian rapi dan nyaman. Anda juga bisa datang dengan riasan wajah yang simple. Sehingga Anda tampil menawan saat santap di restoran mewah.

Baca juga: Ini Dia 7 Restoran Terbaik di Jepang Pilihan Para Wisatawan

Mau Bersantap Malam di Restoran Mewah? Ini 7 Hal yang Penting DiperhatikanFoto: iStock
3. Perhatikan basic table manner
Saat berada di restoran mewah, jangan memanggil pelayan dengan berteriak layaknya di restoran biasa. Jangan pernah meminta saus atau mustard. Pemesanan minum bisa dilakukan jika semua tamu di meja sudah datang dan siap memesan minum. Satu hal yang perlu diingat bagi wanita ialah jangan letakkan tas di atas meja makan.

Mau Bersantap Malam di Restoran Mewah? Ini 7 Hal yang Penting DiperhatikanFoto: Istimewa

4. Perhatikan cara makan
Jangan keluarkan kelingking saat memegang gelas dan meminum minuman yang dipesan. Karena gaya minum seperti itu punya makna yang kasar dalam budaya makan di beberapa negara. Jangan memotong ataupun menggigit roti langsung. Gunakan 'silent service code' jika sudah selesai makan. Caranya dengan meletakkan serbet makan di sebelah kiri piring dan letakkan sendok ke arah jarum jam 4 di atas piring.

5. Sebut alergi makanan
Sebelum memesan pesanan, pastikan Anda memberitahukan alergi makanan yang diderita pada staf restoran. Ini dilakukan agar chef restoran tetap bisa membuatkan menu yang Anda pesan tanpa bahan makan yang tak boleh Anda makan.

Mau Bersantap Malam di Restoran Mewah? Ini 7 Hal yang Penting DiperhatikanFoto: detikFood

6. Pesan menu baru
Keluarlah dari zona nyaman Anda. Jangan hanya memesan menu makan yang Anda sukai. Pengalaman santap akan semakin menyenangkan jika memesan menu baru yang terlihat tak menarik namun memiliki rasa yang lezat.

7. Pesan menu di luar menu andalan
Sebelum datang, biasanya Anda sudah melihat banyak ulasan terkait menu yang ada di restoran mewah itu. Tapi jangan hanya memesan menu andalannya saja. Anda bisa memesan menu yang membuat lidah penasaran. Baca juga: Ini 8 Restoran Favorit Tempat Seleb Hollywood Makan dan Nongkrong https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-4117556/ini-8-restoran-favorit-tempat-seleb-hollywood-makan-dan-nongkron (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com