Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Jamuan Makan Demi Kesopanan

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 14:40 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bersantap di restoran berkelas perlu memperhatikan etiket. Ada beberapa kesalahan penting yang perlu dihindari agar tetap terlihat sopan.

Saat menghadiri jamuan makan di restoran berbintang, etiket makan perlu diperhatikan. Yang paling utama adalah bersikap sopan dengan tidak melakukan kesalahan-kesalahan penting. Times of India (13/3) merangkum sepuluh hal yang harus Anda perhatikan agar terhindar dari kesalahan saat jamuan makan.

1. Menumpuk piring
Demi kemudahan saat membersihkan meja, mungkin Anda berpikir untuk menumpuk piring yang sudah Anda gunakan. Namun hal ini justru mempersulit pelayan dalam membersihkan meja. Karena mereka memiliki teknik tersendiri untuk melakukannya. Lebih baik untuk membiarkan posisi piring di tempatnya setelah selesai makan.

Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Jamuan Makan Demi KesopananFoto: iStock

2. Memesan dari pelayan lain
Saat datang ke sebuah restoran Anda akan dilayani oleh satu orang pelayan. Usahakanlah untuk melakukan semua pesanan dengan pelayan tersebut. Memesan dari pelayan lain akan menyulitkan dan membuat proses pemesanan serta pembayaran menjadi rumit.

3. Memisahkan pembayaran di akhir kunjungan
Pelayan tidak akan keberatan jika Anda melakukan pembayaran dengan dua kali transaksi. Hal ini akan lebih mudah jika Anda memberi tahu sebelumnya mana pesanan yang akan dibayar secara terpisah. Hindari meminta pisah pembayaran di akhir kunjungan karena akan membuat pelayan repot.

4. Meminta dengan jelas pada pelayan
Jika menginginkan makanan untuk dihangatkan kembali atau bahkan menambahkan sedikit garam, beritahulah hal tersebut kepada pelayan. Mereka sudah terlatih untuk memberikan pelayanan terbaik dan menyenangkan. Yang terpenting, meminta tolong dengan jelas pada pelayan.

Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Jamuan Makan Demi KesopananFoto: iStock

5. Membantu memegang nampan
Pelayan sudah sangat ahli dalam menyeimbangkan nampan yang penuh dengan hidangan dan alat makan. Meskipun merasa ingin membantu, sebaiknya hindari untuk membantu memegang nampan mereka karena akan mengganggu keseimbangan pelayan. Lebih baik mengambil benda-benda milik Anda dari atas meja untuk mempermudah pekerjaannya.

6. Memesan dengan bahasa yang tidak dimengerti
Saat bersantap di restoran Prancis atau Italia, beberapa menu mungkin sulit untuk diucapkan. Tidak perlu ragu untuk memesan sesuai yang tertulis di daftar menu dan pelayan akan membantu Anda mengucapkannya dengan benar. Jika Anda menggunakan bahasa lain atau terjemahan dari menu tersebut, pelayan mungkin saja membuat kesalahan dan membawakan menu yang berbeda.

Baca juga: Ini 8 Etiket Makan Umum yang Perlu Diketahui

Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Jamuan Makan Demi KesopananFoto: iStock

7. Mengobrol dengan pelayan
Pelayan memiliki banyak pelanggan yang harus dilayani. Membangun percakapan yang berlebihan dengan pelayan akan menganggu mereka dalam menyelesaikan tugas dengan baik. Memesan makanan dengan baik atau memberikan tip sudah cukup unntuk mengapresiasi pelayanan mereka.

8. Membantu membersihkan saat kecelakaan
Saat menghadiri jamuan makan, kecelakaan seperti makanan yang tumpah atau gelas yang terjatuh mungkin saja terjadi. Tugas Anda adalah memanggil pelayan dan meminta maaf atas hal yang terjadi. Berusaha membantu membersihkan mungkin akan membuatnya lebih berantakan. Lebih baik biarkan pelayan melakukan tugas tersebut.

9. Menjauhkan piring saat selesai makan
Menjauhkan piring dari anda Anda menjadi kode untuk memberi tahu pelayan bahwa anda sudah selesai. Namun mendorong piring justru akan mempersulit pelayan untuk mengambil saat membersihkan meja. Lebih baik biarkan piring berada di tempatnya.

Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Jamuan Makan Demi KesopananFoto: iStock

10. Memilih tempat duduk sendiri
Percayalah bahwa pelayan mengetahui tempat yang nyaman dan sesuai dengan jumlah pengunjung yang hadir. Memilih tempat duduk sendiri mungkin mengakibatkan tamu lain kekurangan tempat duduk. Biarkanlah pelayan memandu Anda ke tempat duduk yang sesuai. Jika Anda menginginkan tempat duduk lain, beri tahulah kepada pelayan.

Baca juga: Serbet Makan Ini Membantu Taati Table Manner

Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Jamuan Makan Demi Kesopanan


(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com