'Butter Meats', Masak Daging Pakai Mentega Biar Empuk Jadi Tren Baru

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 29 Mei 2021 17:00 WIB
butter meats, tren baru mengempukkan daging Foto: dok. Today.com Terri Peters
Jakarta -

Kalau ingin tekstur daging empuk, biasanya ada teknik memasak khusus. Kamu bisa mengikuti tren baru memasak daging sapi menggunakan mentega atau 'butter meats'.

Agar daging sapi empuk, biasanya banyak orang merebusnya dalam waktu yang lama. Ada juga yang dicampurkan nanas agar bisa cepat empuk.

Belakangan ada tren baru memasak daging agar teksturnya cepat empuk. Tren baru itu memakai butter atau mentega saat memasaknya di dalam slow cooker, disebut 'butter meats'.

butter meats, tren baru mengempukkan dagingbutter meats, tren baru mengempukkan daging Foto: TikTok @houseofketo

Baca Juga: ARMY Kecewa Karena 3 Paket BTS Meal Ini Tidak Sesuai Ekspektasi!

Dilansir dari Today (27/5), cara memasak daging dengan mentega ini diperkenalkan oleh Abby Durlewanger yang mengelola akun TikTok @houseofketo. Ia memberi nama teknik memasak 'Butter Meats'.

"Saya berpikir bagaimana kalau mentega jadi cairan saat memasak menggunakan slow cooker," kata Durlewanger kepada Today.

Cara memasaknya terbilang praktis. Cukup taruh selembar plastik tahan panas pada slow cooker, kemudian tambahkan beberapa potongan mentega dingin di atasnya.

butter meats, tren baru mengempukkan dagingbutter meats, tren baru mengempukkan daging Foto: TikTok

Setelah itu letakkan daging di atas mentega. Lalu, tambahkan bumbu bubuk yang diperlukan untuk menambah cita rasa daging. Kemudian taruh beberapa blok mentega lagi di atas daging dan masak menggunakan slow cooker selama 6-12 jam.

Baca Juga: Seleb TikTok Traktir Makan Driver Ojol yang Kerja Dini Hari di Tengah Guyuran Hujan

Kunci dalam memasak 'butter meats' ini adalah menggunakan mentega dalam jumlah yang banyak. Teknik memasak daging ini telah banyak diikuti oleh netizen di TikTok.

Teknik memasak ini tak hanya berlaku untuk daging sapi, bisa juga menggunakan daging lainnya. Seperti Terri Peters yang mencoba memasak daging bebek dengan teknik itu. Ia menjelaskan kalau proses memasaknya hingga 12 jam. Namun, hasilnya sebanding dengan waktu menunggunya.

butter meats, tren baru mengempukkan dagingbutter meats, tren baru mengempukkan daging Foto: dok. Today.com Terri Peters

Peters menggunakan tambahan bumbu berupa bawang putih bubuk, garam, dan lada. Daging bebek itu jadi sangat empuk dan nikmat ketika disantap. Tekstur daging bebek yang ia masak jadi sangat lembut, bahkan mudah hancur.

Baca Juga: Duh! Makan Daging Busuk Agar Mabuk Jadi Tren Baru yang Berbahaya



Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com