Keren! Eksperimen Edible Film Untuk Kemasan Mie Instan Ramah Lingkungan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 28 Mei 2021 13:30 WIB
Keren! Eksperimen Edible Film Untuk Kemasan Mie Instan Ramah Lingkungan Foto: Tik Tok/ilmumakanan
Jakarta -

Bungkus makanan kemasan menjadi penyumbang sampah tak ramah lingkungan. Edible film bisa jadi alternatif untuk mengganti kemasan bumbu mie instan untuk kurangi sampah.

Tumpukan sampah masih belum bisa diatasi. Walaupun sudah disediakan lahan pembuangan sampah yang sangat luas, setiap harinya sampah terus bertambah dan lahan yang disediakan tidak dapat lagi menampungnya.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar sampah justru datang dari sampah makanan rumah tangga. Akan sangat menyenangkan jika kemasan makanan diproduksi dengan bahan-bahan yang mudah larut atau bahkan bisa dimakan.

Seperti sebuah eksperimen yang dilakukan pada media sosial ini. Mengganti bungkus bumbu mie instan dengan edible film atau lembaran plastik tipis yang bisa dimakan tampaknya akan menjadi potensi yang baik untuk mengurangi sampah.

Keren! Eksperimen Edible Film Untuk Kemasan Mie Instan Ramah LingkunganKeren! Eksperimen Edible Film Untuk Kemasan Mie Instan Ramah Lingkungan Foto: Tik Tok/ilmumakanan

Melansir dari akun Tik Tok @ilmumakanan (26/5) sebuah percobaan dilakukan untuk menggantikan bungkus bumbu mie instan kemasan dengan menggunakan edible film yang terbuat dari gelatin. Hasilnya, selain menghemat tenaga tanpa perlu membuka kemasan bumbu penemuan ini juga bisa mengurangi penggunaan plastik.

Baca juga: Canggih! Susu Sekarang Bisa Dihasilkan dari Percobaan di Laboratorium

Edible film merupakan sebuah lapisan yang bisa digunakan sebagai pelindung makanan dan bisa dimakan atau aman untuk dikonsumsi. Edible film sendiri memiliki sifat-sifat yang sama dengan plastik.

Edible film bisa dibuat dengan bahan-bahan seperti gelatin, selulosa, beberapa macam protein dan pati-patian. Edible film sangat cocok untuk digunakan sebagai ganti kemasan plastik pada makanan kemasan atau bumbu mie instan dalam kemasan sehingga penggunaan plastik akan lebih berkurang.

Padaakun Tik Tok @ilmumakanan ia mengungkapkan bahwa edible film merupakan sebuah penelitian yang sebelumnya pernah dibuat oleh teman-temannya. Ia juga mengungkapkan bahwa penggunaan edible film untuk makanan akan sangat mudah jika edible film bisa didapatkan secara mudah dan dijual bebas di Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com