Hanya dengan Air Jahe, Susu Bisa Jadi Puding yang Lembut

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 25 Mei 2021 12:30 WIB
Air jahe bisa mengubah susu jadi puding bertekstur lembut. Foto: TikTok @ilmumakanan
Jakarta -

Biasanya untuk membuat puding memerlukan bahan susu dan agar-agar atau jelly bubuk. Tapi, kreator TikTok ini hanya membuatnya dengan air jahe dan susu saja.

Puding yang bertekstur lembut biasanya terbuat dari bubuk agar atau jelly yang dicampurkan susu. Tapi, ada cara lain yang lebih praktis untuk membuatnya.

Seorang krestor TikTok dengan akun @ilmumakanan bisa membuat susu menjadi puding dengan menggunakan campuran air jahe. Bagaimana cara membuatnya?

Telah dikonfirmasi oleh detikFood (24/5), kreator TikTok bernama Dennis itu memang hanya menggunakan dua bahan untuk membuat puding lembut. Yaitu susu dan air jahe.

Baca Juga: Viral Tempe dari Indomie, Ini 4 Fakta Sebenarnya

Air jahe bisa mengubah susu jadi puding bertekstur lembut.Air jahe bisa mengubah susu jadi puding bertekstur lembut. Foto: TikTok @ilmumakanan

"Susu menjadi pudding ketika ditambahin jahe!???" tulis keterangan dalam video yang Dennis unggah (23/5).

Ia pun membuktikkan eksperimennya tersebut dalam video. Pertama ia menyiapkan satu buah jahe yang telah dicuci bersih dan dibuang kulitnya.

Setelah itu, jahe dipotong kecil-kecil dan dihaluskan menggunakan chopper. Kemudian jahe yang telah dihaluskan itu dibungkus dalam tisu dapur atau kain bersih untuk memeras sari atau air jahenya. Tak perlu ditambahkan air lagi.

Air jahe bisa mengubah susu jadi puding bertekstur lembut.Air jahe bisa mengubah susu jadi puding bertekstur lembut. Foto: TikTok @ilmumakanan

Langkah selanjutnya adalah merebus susu. Ia merebus susu dengan api kecil hingga mencapai suhu 70 derajat celcius. Saat merebusnya, Dennis juga menggunakan termometer agar suhunya bisa pas.

Baca Juga: Kisah Driver Ojol tak Sengaja Bertemu Erick Thohir dan Ditraktir Makan Sate

"Kalau sudah siap (air jahe), kita bakal masak susu sampai suhu 70 derajat celcius. Nanti gue bakal kasih tau rahasia apa yang ada di dalam jahe," ujar Dennis dalam videonya.

Dennis juga menambahkan 2 sdm gula pasir agar ada sensasi rasa manisnya. Setelah suhunya pas, susu itu pun ditiriskan olehnya.

Air jahe bisa mengubah susu jadi puding bertekstur lembut.Air jahe bisa mengubah susu jadi puding bertekstur lembut. Foto: TikTok @ilmumakanan

Setelah susu siap, Dennis langsung menuangkannya ke dalam mangkuk berisikan air jahe. Kemudian diamkan susu dan jangan diaduk hingga 15 menit. Selanjutnya susu berubah tekstur menjadi agak padat seperti silky puding yang lembut.

Dennis menjelaskan alasan mengapa air jahe bisa mengubah tekstur susu menjadi puding. Ini dikarenakan di dalam jahe terdapat enzim zingibain. Enzim tersebut mampu menggumpalkan protein pada susu sehingga teksturnya seperti puding.

Walaupun teksturnya bukan yang kenyal, tapi puding susu yang dibuat dengan campuran air jahe ini bisa jadi alternatif camilan sehat. Enaknya dimakan selagi hangat karena ada campuran air jahenya.

Baca Juga: RM Dibao Untuang: Lamaknyo! Asam Padeh Tunjang Jumbo yang Pekat Bumbunya



Simak Video "Hangat dan Nikmat! Tak Heran Kembang Tahu di Sini Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com