RM Dibao Untuang: Lamaknyo! Asam Padeh Tunjang Jumbo yang Pekat Bumbunya

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 24 Mei 2021 12:00 WIB
RM Dibao Untuang, ada asam padeh tunjang dan sop daging yang nikmat rasanya. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
Jakarta -

Di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat ada tempat makan 'hidden gems' yang menyajikan aneka makanan khas Padang. Ada asam padeh tunjang porsi jumbo yang sedap.

Nasi Padang banyak digemari orang Indonesia karena kelezatannya. Biasanya rendang selalu jadi lauk andalan ketika menikmati nasi Padang.

Tapi, rumah makan satu ini punya menu lain yang menarik perhatian banyak pelanggannya. Yaitu asam padeh tunjang yang ukurannya jumbo. Menu satu ini bisa kamu temui di RM Dibao Untuang yang berlokasi di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Penasaran dengan rasanya, detikFood tertarik untuk menikmati seporsi nasi Padang dengan asam padeh tunjang sebagai lauknya. Seperti apa rasanya?

Sudah Ada Sejak 1975

RM Dibao Untuang, ada asam padeh tunjang dan sop daging yang nikmat rasanya.RM Dibao Untuang, ada asam padeh tunjang dan sop daging yang nikmat rasanya. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Saat ini RM Dibao Untuang berjualan di pekarangan rumah pemiliknya yaitu di Jalan Kebon Kacang XI No. 18, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pada saat awal buka tahun 1975, RM Dibao Untuang membuka lapaknya di pinggiran jalan dekat dengan Pasar Tanah Abang.

Usaha ini dulunya milik mertua dari ibu Ade yang merupakan istri dari pemilik RM Dibao Untuang saat ini. Sudah beberapa kali pindah, hingga akhirnya menetap di Kebon Kacang sekitar 4 tahun.

"Rumah makan ini buka dari tahun 1975. Dulu kita ada di dekat yang sekarang jadi Metro Tanah Abang pakai tenda biru. Buka dari jam 4 sore sampai jam 9 atau 10 malam. Terus beberapa kali pindah, di sini sudah 4 tahun," ujar ibu Ade, istri dari pemilik RM Dibao Untuang.

Menu Berbeda dari RM Padang Lainnya

RM Dibao Untuang, ada asam padeh tunjang dan sop daging yang nikmat rasanya.RM Dibao Untuang, ada asam padeh tunjang dan sop daging yang nikmat rasanya. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Melihat deretan menu yang tersaji di rumah makan ini, kami melihat ada perbedaan dari RM Padang lainnya. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dari RM Dibao Untuang.

Menurut ibu Ade, kalau RM Padang lainnya kebanyakan mengandalkan menu makanan bersantan. Sedangkan, RM Dibao Untuang tidak banyak menu yang menggunakan santan.

"Kalau Padang lainnya kan cenderung mereka santan, kalau kita nggak pakai santan. Kayak tadi yang tunjang tuh nggak pakai santan namanya asam padeh," kata ibu Ade.

"Kalau kita yang pakai santan paling cuma gulai ayam, usus, rendang itu aja, sama gulai jengkol," lanjutnya.

Menu andalan RM Dibao Untuang ini adalah Asam Padeh Tunjang dan Gajebo. Untuk tunjangnya terdiri dari 2 ukuran yaitu besar dan kecil.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Burrito Nasi Padang yang Rasanya Tetap Nendang"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com