Duh! 5 Negara Ini Ribut Gegara Saling Rebutan Seafood

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 27 Mei 2021 19:30 WIB
5 Fakta Lobster yang Dulu Dianggap Makanan Orang Miskin Foto: iStock

3. Lobster

Benih Lobster dan Harga Lobster Mahal, Ini 5 PenyebabnyaLobster Foto: Getty Images/iStockphoto/onepony

Sama seperti ikan turbot, lobster merupakan salah satu hidangan seafood yang berharga fantastis. Selain sulit untuk ditangkap, lobster memiliki rasa yang lebih enak dan superior dibandingkan udang.

Di awal tahun 1961, lobster pernah memicu konflik antara negara Brazil dan Prancis. Awalnya pemerintah Brazil mengaku bahwa lobster-lobster itu berada di wilayah perairan mereka.

Namun pemerintah Prancis komplain karena tidak ada lobster yang tersisa di perairan internasional. Akhirnya pemerintah Brazil memberikan waktu selama 48 jam, untuk kapal Prancis pergi dari perairan mereka.

Karena pemerintah Prancis menolak, akhirnya Brazil menurunkan angkatan laut mereka untuk mengusir kapal Prancis dari sana. Konflik dua negara ini berlangsung selama tiga tahun hanya karena rebutan lobster.

4. Scallop

Milu By Nook: Menikmati Rendang Tempe dan Pasta Scallop di Tepi Sawah yang AsriMPasta Scallop Foto: detikfood

Scallop atau kerang simping, memiliki nutrisi tinggi dan rasanya enak gurih. Sering dijadikan olahan makanan mewah, sampai menu spesial di restoran fine dining. Scallop juga jadi rebutan banyak negara.

Salah satunya konflik yang lagi-lagi dialami negara Prancis di tahun 2012. Kali ini Prancis berseteru dengan Inggris, setelah negara mereka kecewa tak boleh mengambil scallop dari bulan Mei sampai Oktober. Sementara kapal Inggris boleh mengambil scallop sepanjang tahun.

Akhirnya beberapa nelayan Prancis mulai melempari jaring kapal Inggris dengan batu. Berakhir dengan rusuh dan konflik negara terjadi.

Tak hanya di tahun 2012 saja. Bahkan dari tahun 2018 - 2020 masih banyak nelayan Inggris dan Prancis yang berkelahi di lautan, untuk rebutan scallop.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mukbang Seafood Cuma-cuma Bagi Penghapal Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com