Berapa Kalori Telur Puyuh? Ini Kandungan, Manfaat, serta Olahannya

Novia Aisyah - detikFood Selasa, 25 Mei 2021 06:00 WIB
Fakta Maechurial Jangjorim Foto: iStock
Jakarta -

Telur puyuh punya rasa gurih yang enak untuk disantap langsung maupun diolah bersama bumbu lain. Telur ini juga terkadang dijajakan dengan cara direbus saja.

Telur puyuh berukuran mungil dan lebih enak disantap sekali suapan. Tapi, karena ukurannya yang mini ini, terkadang kita bisa-bisa tak sadar sudah mengkonsumsi berapa banyak.

Mengkonsumsi telur puyuh berlebihan juga tidaklah baik. Lalu, sebaiknya berapa banyak kita boleh mengkonsumsi telur puyuh?

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa kandungan kalori telur puyuh per 100 gr adalah 116 Kkal. Dengan kuantitas yang sama, telur puyuh juga mengandung 10.7 gr protein, lali 7 gr lemak, 1.6 gr karbohidrat, 65 mg kalsium, 3.5 mg zat besi.

Untuk dikonsumsi, telur puyuh sendiri punya segudang manfaat. Salah satu manfaat telur puyuh dipaparkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI.

Dalam penelitian tersebut, sampel yang digunakan adalah populasi remaja putri berumur 13-15 tahun yang sedang menstruasi. Penelitian ini dipublikasi pada tahun 2019 dan melihat pengaruh telur puyuh terhadap kadar hemoglobin dan kolesterol.

Berdasarkan hasil penelitian, remaja yang mengkonsumsi telur puyuh selama menstruasi, mengalami kenaikan kadar hemoglobin. Tapi, patut digarisbawahi juga bahwa di samping hemoglobin, terdapat peningkatan kolesterol pula.

Selain manfaat di atas, dilansir dari Healthline, kandungan dalam telur puyuh mengandung protein dan antioksidan yang bermanfaat dalam memperbaiki kerusakan sel dan menetralisir gejala alergi.

Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, telur puyuh tentunya lebih banyak membawa manfaat daripada tidak. Nah, untuk disantap, detik juga punya beberapa rekomendasi olahan telur puyuh.

Kamu bisa membuat ekado dengan telur puyuh, telur puyuh pedas, dan sop jamur tofu telur puyuh. Untuk makanan sampingan, ekado telur puyuh adalah rekomendasi yang pas.

Ekado telur puyuh dengan cocolan saus sambal pastinya nikmat sekali. Untuk tahu resep selengkapnya, bisa dilihat di sini.



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Telur Puyuh Bumbu Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya