YouTuber Ini Mukbang di Restoran Korea Utara, Ada Menu Apa Saja?

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 24 Mei 2021 11:00 WIB
mukbang di restoran korea utara Foto: YouTube SunnydahyeIn
Jakarta -

YouTuber Sunny Dahye diajak oleh seorang wanita pembelot dari Korea Utara untuk mukbang di restoran yang menyajikan makanan khas Korea Utara. Apa saja menunya?

Sunny Dahye adalah YouTuber asal Korea Selatan yang sering menggunakan bahasa Indonesia dalam videonya. Dikarenakan ia pernah tinggal lama di Indonesia.

Biasanya video yang ia buat berisi kesehariannya di Korea Selatan, kecantikan, fashion, dan kuliner. Kali ini, ia memiliki pengalaman kuliner yang lain dari biasanya.

Karena, Sunny Dahye diajak oleh seorang pembelot Korea Utara untuk mukbang di restoran yang menyajikan makanan khas Korea Utara. Ia pun membagikannya lewat channel YouTube SunnydahyeIn (22/5).

Baca Juga: Injogogibap hingga Talpi, Ini 5 Camilan Populer di Korea Utara

mukbang di restoran korea utaramukbang di restoran korea utara Foto: YouTube SunnydahyeIn

Dalam video itu, Sunny Dahye bersama Kang Nara dan Hyeonwoo. Kang Nara adalah pembelot dari Korea Utara yang kini tinggal bebas di Korea Selatan. Ia juga sudah berpenampilan dan berbahasa layaknya orang Korea Selatan.

Nara mengajak Sunny Dahye makan ke restoran Korea Utara untuk memperkenalkan makanan khas negara asalnya. Ia juga sudah pernah makan di restoran itu beberapa kali.

Nama restorannya adalah Youngmin's Restaurant yang lokasinya ada di Suwon, Seoul, Korea Selatan. Chef yang ada di restoran ini juga berasal dari Korea Utara, jadi dijamin makanannya autentik.

mukbang di restoran korea utaramukbang di restoran korea utara Foto: YouTube SunnydahyeIn

Ada banyak menu yang tampak asing diketahui oleh Sunny Dahye. Mereka pun memesan makanan dengan bantuan pelayan restoran. Ada dudubap, injogogibap, aneka banchan, nokmal mandu, dan lainnya.

Dudubap yang pertama kali mereka cicipi. Dudubap adalah tahu kulit yang di dalamnya berisikan nasi, lalu dinikmati dengan kecap asin ataupun saus merah khas Korea Utara. Menurut Sunny Dahye dan Hyeonwoo, rasanya sangat enak.

"Aku bakal coba yang ini (dudubap) guys. Hmmm, tahu sama nasi di dalam terus sausnya enak banget guys kayak pedes-pedes asin gitu," ujar Sunny Dahye.

mukbang di restoran korea utaramukbang di restoran korea utara Foto: YouTube SunnydahyeIn

Baca Juga: 5 Makanan Korea Utara Terkenal Menurut Guide yang 183 Kali ke Sana

Setelah itu, mereka mencoba Nokmal Mandu. Adalah makanan berupa pangsit yang teksturnya kenyal dan terdapat isinya. Nokmal Mandu ini juga disukai oleh Sunny Dahye.

"Ini namanya Nokmal Mandu. Wah teksturnya, oh ini semakin lama dimakan semakin enak guys. Awalnya tuh kayak wah tekstur apa ini, tapi enak. Dia kayak gyoza, kayak kenyal-kenyal terus ada isinya gitu," ucap Sunny Dahye.

mukbang di restoran korea utaramukbang di restoran korea utara Foto: YouTube SunnydahyeIn

Aneka banchan (lauk pendamping) khas Korea Utara. Ada yang terbuat dari kentang, tauge, dan lobak. Banchan satu ini terlihat mirip dengan khas Korea Selatan, namun rasanya agak berbeda.

Sunny Dahye juga mencoba Injogogibap. Makanan ini terbuat dari daging buatan yang berasal dari kacang kedelai dan terdapat nasi pada bagian dalamnya.

"Injogogi itu di Korea Utara sempat ada kekurangan makanan sampai mati kelaparan. Dan saat itu dibuatlah daging yang terbuat dari kacang kedelai," jelas Nara pembelot dari Korea Utara.

mukbang di restoran korea utaramukbang di restoran korea utara Foto: YouTube SunnydahyeIn

"Dan orang-orang sempet bingung aduh bikin apa ya pakai ini dan mereka berkreasi. Ada yang direbus, digoreng, dan dikukus. Teksturnya mirip jjondeugi Korea Selatan, tapi rasanya agak beda," lanjutnya.

Eongamjatteok juga dicicipi oleh mereka. Jika tteok biasanya terbuat dari tepung beras, namun yang berasal dari Korea Utara terbuat dari tepung kentang.

Terakhir ada jajanan manis yang diberikan gratis oleh pemilik restoran. Jajanan bernama Guksu Gangjeong ini tampilan dan rasanya mirip dengan rice krispies dari Amerika.

mukbang di restoran korea utaramukbang di restoran korea utara Foto: YouTube SunnydahyeIn

Ada juga Finger Snack. Camilan yang terbuat dari tepung terigu, gula, dan bahan lainnya. Sunny Dahye tampak menyukai camilan ini.

Ternyata Sunny Dahye sangat menyukai Injogogibap. Sedangkan, Hyeonwoo menyukai dudubap.

Baca Juga: Menu Pertama KFC Indonesia Tahun 1979, Seperti Apa Rasanya?



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Mie Pedas ala Korea Bareng Marsha Aruan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com