Pesan Layanan Antar Makanan, Wanita ini Harus Bayar Ongkos Kirim Rp 2,6 Juta

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 14:00 WIB
Pesan Layan Antar Makanan, Wanita ini Harus Bayar Ongkos Kirim Rp 2,6 Juta Foto: Mirror UK

Pada kolom pembayaran, Gomes mendapati harga layanan pesan antar makanan yang harus dibayar senilai Rp 2,6 juta. Padahal biaya layanan pesan antar dari restoran tersebut biasanya hanya berkisar Rp 200 ribu.

"Ini rasanya seperti penolakan secara langsung. aku pikir aku tidak akan menghabiskan Rp 3 juta untuk makanan. aku hanya sedang melihat-lihat layanan pesan antar tetapi rasa laparku seperti langsung hilang setelah melihat harganya," kata Gomes.

Mungkin jika ia sedang tidak benar-benar malas dan lelah untuk memasak, Gomes akan memilih untuk membuat makanan sendiri daripada harus menghabiskan biaya sebesar itu hanya untuk sebuah makan malam. Gomes bahkan merasa keputusannya untuk tinggal di daerah tersebut menjadi keputusan yang salah.

"Mungkin pindah ke Islington bukan hal yang terdengar cukup baik," tulis Gomes.

Pesan Layan Antar Makanan, Wanita ini Harus Bayar Ongkos Kirim Rp 2,6 JutaPesan Layan Antar Makanan, Wanita ini Harus Bayar Ongkos Kirim Rp 2,6 Juta Foto: Mirror UK

Akibat kejadian ini, Gomes tidak terpikir untuk melaporkan tagihan layanan pesan antar yang terlampau mahal ini. Gomes merasa melaporkan hal seperti ini hanya akan membuang-buang lebih banyak tenaga dibandingkan dengan langsung memasak sendiri di rumah.

Tagihan mengejutkan tersebut kemudian diunggah oleh Gomes melalui akun Twitter pribadinya @hello alegria. Seketika, tagihan makanan dengan harga layanan pesan antar ini mendadak viral dan banyak menuai komentar dari pengguna media sosial lainnya.

"Ini seperti dua kali lipat dari membayar sewa akomodasi hostel yang aku tempati saat ini," tulis akun Twitter @johnpaul_91.

"Bagaimana bisa Rp 2,6 juta dibilang biaya layanan yang kecil," tulis akun @jnoahmorgan.

Pesan Layan Antar Makanan, Wanita ini Harus Bayar Ongkos Kirim Rp 2,6 JutaPesan Layan Antar Makanan, Wanita ini Harus Bayar Ongkos Kirim Rp 2,6 Juta Foto: Mirror UK

Setelah unggahan dari Gomes ini mendadak viral, pihak layanan pesan antar langsung mengklarifikasi terkait tagihan biaya layanan yang begitu mahal. Baik dari pihak layanan pesan antar maupun restoran, mengatakan mungkin hal tersebut diakibatkan oleh jarak yang cukup jauh antara kediaman Gomes dengan restoran tempatnya memesan.

"Pelanggan memiliki hak untuk membatalkan pesanan dan jika kami melihat pesanan seperti ini kami akan menghubungi untuk memberi tahu bahwa pelanggan tersebut akan dikenakan biaya lebih. Jika keberatan, kami tidak masalah jika harus membatalkan pesanan mereka," kata juru bicara New Thai Kitchen selaku restoran tempat Gomes memesan.

Di sisi lain, ada pihak penyedia layanan pesan antar, Deliveroo, yang mengungkapkan sistematis penentuan biaya layanan pesan antar. Deliveroo mengatakan bahwa biaya minimal sudah dicapai oleh Gomes dan selanjutnya hanya ditentukan sesuai dengan jarak yang harus ditempuh dari restoran ke rumahnya.

"Pada Deliveroo kamu menginginkan pelanggan untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat memesan makanan. Untuk menunjukkan apresiasi kami kepada pelanggan, kamu telah mengirimkan beberapa kredit untuk memastikan pengalaman mereka tidak bermasalah," kata juru bicara Deliveroo.

Baca juga: Ogah Bayar Ongkir Donat Pesanannya, Ibu-ibu Dibully Netizen

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mogoyo Suguhkan Rasa Autentik Korean Street Food"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com