Penuh Makanan Enak! 5 Negara Ini Punya Kuliner Paling Populer di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 18 Mei 2021 19:30 WIB
Pizza Aneh di Dunia Foto: iStock
Jakarta -

Sukses memperkenalkan kuliner tradisional ke berbagai negara. Lima negara ini disebut punya kuliner yang paling terkenal di dunia.

Seluruh negara tentunya memiliki hidangan tradisional dengan ciri khas yang berbeda. Tapi ada beberapa negara yang hidangan tradisionalnya ini, justru disukai banyak orang di berbagai negara.

Contohnya seperti makanan khas China. Makanan dari Negeri Tirai Bambu ini sukses mendunia, dan dapat ditemukan dengan mudah di negara manapun. Bahkan beberapa makanan ala China, sudah memiliki versi lokalnya sendiri di setiap negara.

Tak kalah populer dari makanan China. Hidangan khas Jepang juga sukses disukai banyak orang. Mulai dari restoran sushi, kafe hingga dessertnya yang sering jadi tren di dunia kuliner.

Dilansir dari Pickvisa (18/05), berikut lima negara dengan kuliner yang paling mendunia.

Baca Juga: 5 Makanan dari Indonesia dan Malaysia yang Terkenal Enak

1. Thailand

Pad Thai Gordon RamsayPad Thai Gordon Ramsay Foto: iStock

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa kuliner tradisional Thailand, lebih dulu 'go-international' dibandingkan kuliner Korea Selatan yang berjamuran beberapa tahun terakhir.

Hampir setiap negara memiliki restoran khas Thailand. Terutama di negara-negara Eropa dan Amerika. Menu makanannya yang familiar seperti hidangan China, membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Salah satu menu yang paling populer dari negara Thailand ada Pad Thai, Tom Yum Goong, Khao Pad atau nasi goreng. Tak ketinggalan, Gaeng Daeng hidangan kari merah yang kental dan asam khas Thailand.

2. China

Assorted Chinese food set. Chinese noodles, fried rice, dumplings, peking duck, dim sum, spring rolls. Famous Chinese cuisine dishes on table. Top view. Chinese restaurant concept. Asian style banquetAssorted Chinese food set. Foto: Getty Images/iStockphoto/thesomegirl

Semua makanan dari China, disebut sebagai salah satu warisan kuliner yang paling kaya di dunia. Ciri khas makanan dari China ini terletak pada kombinasi nasi, sayuran, seafood, daging sapi, ayam, bebek hingga saus tiram.

Tak hanya populer di Asia, tapi budaya makanan China juga melekat dengan erat di Amerika. Di mana kebanyakan orang Amerika selalu memesan makanan China, karena harganya yang murah, rasanya enak dan porsinya banyak.

Salah satu menu khas China yang paling mendunia ada pangsit (dumpling), hot pot, chow mein, ayam kung pao, nasi goreng Yangchow, ma po tofu hingga bebek peking.

3. Prancis

SouffleSouffle Foto: site

Dari negara Eropa, ada Prancis yang hidangannya terkenal mewah, klasik dan selalu disajikan di restoran mewah. Makanan-makanan khas Prancis ini punya teknik memasak, dan bahan-bahan yang berbeda.

Jika hidangan China terletak pada penggunaan bumbu dan seafood. Kalau hidangan Prancis pasti menggunakan wine. Mulai dari makan keju dengan wine, atau cheese pairing yang terkenal di seluruh dunia.

Kemudian juga wine digunakan untuk memasak daging hingga menumis ayam. Selain itu Prancis punya pastry dan kue yang mendunia. Seperti Souffle, Macaroon, Croissant hingga Baguette.

4. Jepang

sushi with sauce and wasabi on old white wood plate, Japanese foodsushi with sauce and wasabi on old white wood plate, Japanese food Foto: iStock

Membicarakan kuliner dari Jepang, yang terlintas di kepala banyak orang pasti sushi atau sashimi. Makanan populer ini bisa dinikmati di seluruh dunia. Mulai dari warung kaki lima sampai restoran bintang lima.

Sama seperti makanan khas Asia lainnya. Makanan dari Jepang kebanyakan menggunakan nasi. Seperti sushi, omurice, donburi, onigiri, hingga tamago kake gohan. Yaitu menu sarapan nasi putih dan telur mentah.

Selain hidangan serba nasi, masih banyak makanan Jepang tersohor lainnya. Seperti takoyaki, udon, tempura, somen, ramen, ishiyaki, dan yakitori.

5. Italia

Resep Spaghetti Bolognese AsliResep Spaghetti Bolognese Asli Foto: iStock/Independent

Masih merajai posisi teratas sebagai kuliner yang digemari di seluruh dunia. Italia punya pizza, pasta, roti, hingga hidangan seafood yang segar.

Ditambah dengan budaya orang Italia yang sejak dulu paling menganggap makanan jauh lebih penting. Dibandingkan mengobrol atau bertemu dengan seseorang.

Pastinya hampir semua orang sudah familiar dengan makanan dari Italia. Seperti pizza margherita, spaghetti bolognese, risotto, lasagna, tiramisu sampai dessert ikonik gelato.

Baca Juga: Keren! 5 Makanan Indonesia Ini Diakui Paling Enak di Dunia



Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com