ADVERTISEMENT

Resto Bintang Michelin Ini Sajikan Jeruk dari Daging, Begini Rasanya

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 18 Mei 2021 15:00 WIB
Resto Bintang Michelin Ini Sajikan Jeruk dari Daging, Begini Rasanya
Foto: YouTube/Jolly

Josh dan Ollie begitu menikmati salad dengan tuna salmon segar ditambah caviar di atasnya. Mereka tak berhenti terpesona dengan rasa dari menu tersebut. Untuk membuatnya semakin lengkap, sebotol wine sudah disiapkan untuk melengkapi makanan yang disantap.

Setelah salad tersebut habis, dilanjutkan dengan hidangan kedua yang tak kalah mengagumkan. Sebuah baki diletakkan persis di hadapan mereka dengan hidangan yang tak diketahui berada di dalamnya.

"Hidangan selanjutnya yang membuat restoran ini begitu populer. Resep yang dibuat oleh ini merupakan makanan bersejarah yang pernah disajikan pada saat penobatan raja Henry IV pada tahun 1399," kata Josh.

Saat dibuka, Ollie begitu terkejut dengan hidangan yang tersaji di atas piring dalam baki. Dua iris roti panggang dengan dua buah jeruk berada di atas piring saji tersebut.

Resto Bintang Michelin Ini Sajikan Jeruk dari Daging, Begini RasanyaResto Bintang Michelin Ini Sajikan Jeruk dari Daging, Begini Rasanya Foto: YouTube/Jolly

Ternyata jeruk yang disajikan di atas piring tersebut bukan buah jeruk yang sebenarnya. Jeruk yang disajikan bersama roti panggang, terbuat dari paste atau pasta daging yang memang disajikan untuk menemani roti panggang.

"Awalnya aku benar-benar berpikir bahwa ini tomat. Pada saat 15 detik pertama aku seperti berpikir ada beberapa chef yang mengatakan 'aku menemukan tomat yang ternyata cocok disajikan dengan roti'," kata Ollie.

"Jika kamu sadar pate biasanya dilengkapi dengan pelengkap dan pelengkap itu dibuat menjadi agar-agar pada kulit jeruk ini. Jadi, agar-agar yang membungkus jeruk ini terbuat dari hati ayam dan foie gras," kata Josh.

Roti panggang yang renyah dilengkapi dengan pate atau pasta daging yang lembut dan gurih membuat hidangan tersebut menjadi sangat sempurna. Josh dan Ollie bahkan sampai tak dapat berkata-kata karena kelezatan dari hidangan tersebut.

"Tempat ini menjadi satu-satunya tempat kamu bisa memesan hidangan ini. Aku tidak yakin menu ini dijual di mana pun di dunia, ini seperti menu dari resep yang berusia 700 tahun," kata Josh.

Resto Bintang Michelin Ini Sajikan Jeruk dari Daging, Begini RasanyaResto Bintang Michelin Ini Sajikan Jeruk dari Daging, Begini Rasanya Foto: YouTube/Jolly

Tak hanya berhenti pada menu tersebut, Josh dan Ollie juga mendapatkan sebuah makanan utama yang tak kalah mengagumkan. Ollie mendapatkan sebuah steak dengan resep bersejarah dari era Circa tahun 1830 dengan saus jamur, sedangkan Josh mendapatkan seporsi ikan cod panggang dengan saus hijau dari resep era Circa tahun 1440.

Lagi-lagi kedua hidangan tersebut membuat YouTuber asal London ini tak bisa berkata-kata. Rasa daging dengan sedikit lemak serta ikan cod yang meleleh di mulut membuat Josh dan Ollie tak berhenti memuja kenikmatan makanan tersebut.

"Ini mungkin terdengar bodoh, tetapi dagingnya benar-benar terasa sangat daging. Maksudku, saat kita makan daging di Korea yang cenderung banyak lemak, rasa dagingnya sedikit hilang. Tetapi steak yang ini benar-benar sangat kuat rasa dagingnya," kata Ollie.

Josh juga mengungkapkan beberapa fakta menarik dari restoran bintang Michelin tempat ia memesan makanan tersebut. Salah satunya restoran ini pernah mendapatkan penghargaan dan dinobatkan sebagai restoran ke-5 terbaik di dunia.

Baca juga: Bib Gourmand, Penghargaan Michelin Guide Untuk Makanan Kaki Lima


(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT