Makanan Kaki Lima Lezat

Bib Gourmand, Penghargaan Michelin Guide Untuk Makanan Kaki Lima

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Agu 2019 12:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Michelin Guide identik dengan daftar resto fine dining dunia. Tapi panduan kuliner bergengsi ini juga punya Bib Gourmand untuk tempat makan dengan harga terjangkau.

Seolah berlawanan dengan citra Michelin Guide sebagai panduan resto fine dining terbaik dunia, mereka juga mengeluarkan Bib Gourmand yang memiliki konsep berbeda. Panduan yang sudah ada sejak tahun 1997 ini memegang prinsip "good quality, good value restaurants".

Dikutip dari Michelin Guide (2/8), prinsip tersebut berarti sebuah restoran peraih Bib Gourmand harus memiliki makanan berkualitas baik dengan harga terjangkau. Untuk patokan harganya bervariasi antar negara, bergantung pada biaya hidup di sana.

Bib Gourmand, Penghargaan Michelin Guide Untuk Makanan Kaki LimaBib Gourmand sudah diperkenalkan sejak tahun 1997 (Foto: Istimewa)

Michelin Guide juga memastikan tidak ada formula pasti untuk menentukan peraih Bib Gourmand. Resto atau tempat makan bisa sangat bervariasi jenisnya. Tapi yang pasti, mereka menawarkan cara memasak makanan yang sederhana, dikenali masyarakat, mudah dimakan, dan kadang membuat seseorang merasa bisa membuat sendiri di rumah.

Peraih Bib Gourmand juga harus mampu menimbullkan sensasi puas untuk penikmatnya. Sebab mereka dimanjakan dengan makanan enak dan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Ini Dia 10 Makanan Enak Buatan Gerai Peraih Bib Gourmand Singapura

Sebagai contoh, di Eropa Bib Gourmand tahun 2018 diberikan pada 37 restoran di negara-negara Nordik yaitu Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia. Adapun penerima paling lama adalah L'Altro di Copenhagen, Restauranteik di Oslo, dan Rolfs Kök di Stockholm.

Bib Gourmand, Penghargaan Michelin Guide Untuk Makanan Kaki LimaTom Yum Mama, sajian buatan Jeh O Chula yang dapat Bib Gourmand Bangkok 2018 (Foto: Daniel Food's Diary)

Lalu bagaimana dengan di Asia? Ada Singapura dan Thailand yang sudah dianugerahi Bib Gourmand. Tahun 2018, di Bangkok ada 35 tempat makan yang meraih Bib Gourmand lapor Thailand Insider (2/8).

Salah satu yang terkenal adalah Jay Oh atau Jeh O Chula yang terkenal dengan sajian Tom Yum Mama. Harganya paling mahal 250 baht atau sekitar Rp 115.000 per porsi. Sajian di sini berupa mie instan merek Mama dengan pelengkap tom yum seperti udang, cumi, dan daging babi.

Bib Gourmand, Penghargaan Michelin Guide Untuk Makanan Kaki LimaA Noodle Stroy masuk dalam Bib Gourmand Singapura 2018 (Foto: dok. detikFood)

Sementara di Singapura tahun 2018 ada 50 tempat makan peraih Bib Gourmand. A Noodle Story menjadi yang paling terkenal. Gerai mie di Amoy Street Food Centre ini sudah ada sejak 2013.

A Noodle Story menyajikan ramen gaya Singapura. Racikannya terdiri dari mee wanton dengan topping char su, wonton, udang goreng berbalut kentang renyah, telur rebus setengah matang dan daun bawang. Di tahun 2018 harga ramen di sini berkisar dari Rp 72.000 sampai Rp 92.000.

Baca Juga: Ini Dia Ramen Gaya Singapura yang Dapat Pengakuan Michelin Guide!


Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com