Gerai Burger Ini Hampir Didenda Rp 86 Juta karena Pegawainya Makan di Dalam Resto

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Mei 2021 16:30 WIB
Gerai Burger Ini Hampir Didenda Rp 86 Juta karena Pegawainya Makan di Dalam Resto Foto: World of Buzz/Facebook myBurgerLab
Jakarta -

Di Malaysia viral kisah gerai burger hampir didenda Rp 86 juta karena alasan sepele. Seorang pegawai makan di dalam resto dan dianggap melanggar SOP oleh kepolisian setempat.

Dikutip dari World of Buzz (16/5), lewat akun Facebook resminya, MyBurgerLab bercerita bahwa mereka hampir kena denda RM25.000 atau sekitar Rp 86 juta karena polisi menganggap restoran tidak mematuhi standard operating procedure (SOP) yang berlaku.

Alasan MyBurgerLab mengunggah insiden ini adalah untuk mengingatkan pebisnis kuliner lain kalau hal ini mungkin saja terjadi pada mereka. Unggahan juga disertai bukti pesan WhatsApp.

Kronologis hampir didenda Rp 86 juta

Gerai Burger Ini Hampir Didenda Rp 86 Juta karena Pegawainya Makan di Dalam RestoGerai Burger Ini Hampir Didenda Rp 86 Juta karena Pegawainya Makan di Dalam Resto Foto: World of Buzz/Facebook myBurgerLab

Kala itu pegawai MyBurgerLab bernama Elisha Lu bilang di grup. "Kami mengalami masalah besar. Polisi datang dan melihat salah satu pegawai makan di dalam restoran tanpa memakai seragam karena ia hanya mengambil waktu sebentar sebelum bekerja. Mereka (polisi) meminta bukti perizinan Suruhanjaya Syarikat Malaysia (SSM) kami dan akan mengenakan denda RM25.000," tuturnya.

Pendiri MyBurgerLab, Renyi Chin kemudian menjelaskan bahwa pegawai itu makan di meja restoran sekitar pukul 17.15 dan ia akan bekerja pada shift 17.30 waktu setempat. Hanya karena masalah sepele ini, polisi menegur MyBurgerLab di masa pembatasan akibat pandemi Covid-19 (MCO).

"Sejujurnya, selama setahun terakhir, semua yang kami coba lakukan adalah menjaga bisnis tetap berjalan layaknya orang lain. Kenapa petugas penegak hukum sangat tidak simpatik," tulis MyBurgerLab.

Mereka juga mempertanyakan seperti apa SOP saat MCO yang benar? "Apakah pegawai kami harus bersembunyi di pojok ruangan saat makan? Apakah semua staf harus memakai seragam untuk dianggap sebagai sebagai staf? Seperti apa aturannya?," lanjut mereka.

MyBurgerLab juga menuangkan kekecewaannya pada pemerintah. "Rasanya seperti badan pemerintah keluar untuk menangkap kita semua. Apakah Anda ingin bisnis dimanapun tutup? Karena begitulah cara Anda melakukannya."

Pihaknya menilai ada standar ganda dalam penegakan SOP restoran di masa MCO. "Kami sudah muak dengan omong kosong ini, tapi apa yang bisa kami lakukan?" lanjut mereka.

Baca Juga: Restoran Ini Didenda Rp 800 Juta Karena Diskriminasi Pengunjung Wanita

Jawaban 'lucu' dari polisi

Gerai Burger Ini Hampir Didenda Rp 86 Juta karena Pegawainya Makan di Dalam RestoGerai Burger Ini Hampir Didenda Rp 86 Juta karena Pegawainya Makan di Dalam Resto Foto: World of Buzz/Facebook myBurgerLab

Pegawai MyBurgerLab juga sempat menanyakan pada polisi soal SOP. "Jadi di mana sebaiknya staf makan?" Tak disangka, mereka malah melontarkan jawaban lucu.

"Pintar-pintarlah. Bersembunyi," kata mereka. MyBurgerLab kemudian membagikan cerita ini di media sosial supaya tidak ada 'korban' lagi.

"Bagikan cerita ini pada pemilik bisnis yang menurut Anda mungkin bakal kena. Selain itu, jika menurut Anda ada orang yang dapat membantu kami mengatasi masalah ini, minta mereka untuk mengunjungi kami. Kami tersesat," tutup MyBurgerLab.

Baca Juga: Tak Habiskan Makanan di Restoran Ini, Pengunjung Harus Bayar Denda

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com