Di Restoran Ini Makan Lebih dari 90 Menit Didenda Rp 400 Ribu

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jan 2020 12:28 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Biasanya makan di restoran bisa selama yang diinginkan. Tapi di restoran ini hanya bisa dilakukan 90 menit saja. Selebihnya dikenai denda.

Sebagian orang menyantap makanannya dengan cepat namun sebagian lagi membutuhkan waktu lebih lama saat makan. Apalagi kalau makan dibarengi berbincang pastilah akan menghabiskan waktu lebih lama.

Sebuah restoran di San Fransisco justru mengharuskan pelanggannya untuk makan dengan cepat. Pelanggan yang makannya lama akan dikenai biaya tambahan. Aturan ini memang sedikit unik dan sedikit membuat kontroversi.
Di Restoran Ini Makan Lebih dari 90 Menit Didenda Rp 400 RibuFoto: istimewa

Baca juga : Demi Alasan Kesehatan, Maksimal 4 Jam Setelah Disajikan Sisa Makanan Pasien Dimusnahkan

Dilansir dari Delish (16/1) Restoran dan Bar Laurel Court di Hotel Fairmont San Francisco menerapkan aturan unik. Pihak restoran akan mengenakan biaya tambahan untuk pengunjung yang makan dalam waktu lebih dari 90 menit.

Setiap pengunjung yang ingin makan di restoran ini harus membeli makanan senilai $50 (Rp 681 ribu) atau lebih. Dengan pembelian ini mereka bisa menyantap makanan selama 90 menit. Namun jika lebih dari waktu yang ditentukan, mereka harus membayar biaya ekstra $30 (Rp 409 ribu).

Aturan ini pun menuai sedikit kontroversi karena pihak restoran tidak menjelaskan bagaimana hitungan waktu yang berlaku. Orang banyak yang mengira-ngira apakah restoran akan meletakkan jam pasir di meja pelanggan.

Ternyata aturan ini tidak dibuat secara permanen, artinya hanya berlaku selama empat hari ketika hotel sedang kedatangan tamu konferensi tahunan JP Morgan Healthcare. Konferensi ini merupakan acara terbesar di San Fransisco. Bisa dibayangkan betapa banyaknya orang yang akan datang ke San Fransisco.

Penetapan batas jam makan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi membludaknya antrean pelanggan yang ingin makan. Dengan batasan waktu ini diharapkan pelanggan yang sudah selesai makan bisa langsung meninggalkan area restoran sehingga meja makannya bisa digunakan pelanggan lain.

Aturan batasan waktu makan dan penetapan minimal pembelian makanan ini ternyata ditanggapi beragam. Seorang pelanggan mengatakan membatalkan waktu sarapan di restoran ini karena aturan yang diterapkan.
Di Restoran Ini Makan Lebih dari 90 Menit Didenda Rp 400 RibuFoto: istimewa

Pelanggan ini memutuskan untuk membatalkan reservasi setelah pelayan memberitahu kalau ada minimal pembelian makanan sebesar $50 (Rp 681 ribu) per orang. Belum lagi ada biaya layanan sebesar 18 persen dan pajak sebesar 8,5 persen.

Baca juga : Bayar Sekali Bisa Makan Sepuasnya di Restoran All You Can Eat

Mengetahui adanya respon negatif, pihak restoran kemudian angkat bicara. "Ini bukan kebijakan baru, dan ini hanya berjalan selama masa konferensi. Jika tidak ada aturan seperti ini, pelanggan yang anggota konferensi pasti akan menggelar rapat dadakan di restoran sementara pelanggan lainnya harus menderita saat menunggu," jelas Paul Tormey, General Manager Fairmont San Francisco.

Aturan batasan waktu makan bukanlah hal baru dalam dunia kuliner. Biasanya aturan ini diterapkan pada restoran berkonsep all you can eat. Meskipun kontroversi tapi hal ini dianggap sebagai solusi paling adil bagi pelanggan dan pihak restoran.

Simak Video "Benarkah Makan Burger Harus Dibalik Biar Nggak Berantakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)