Restoran Ini Didenda Rp 800 Juta Karena Diskriminasi Pengunjung Wanita

Devi Setya - detikFood Rabu, 30 Okt 2019 19:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Sebuah restoran di Peru terpaksa harus membayar denda setelah melakukan diskriminasi pengunjung lewat buku menu. Dendanya senilai ratusan juta rupiah!

Dikabarkan Oddity Central (30/10) restoran yang berlokasi pusat kota Lima, Peru mendapat teguran dari pihak berwajib. Akar masalahnya berawal dari dugaan diskriminasi yang dilakukan pihak restoran pada pengunjung pria dan wanita.

Tamu pria diberi buku menu dengan harga yang tertera lengkap, sementara para wanita diberi buku menu yang tidak mencantumkan harga makanan. Pihak restoran berdalih hal ini dilakukan agar para wanita bisa menikmati makanannya tanpa memikirkan soal harga.
Restoran Ini Didenda Rp 800 Juta Karena Diskriminasi Pengunjung WanitaFoto: istimewa

Baca juga : Wanita Ini Dianggap Terlalu Gemuk, Ini Makanan yang Diberikan Mertuanya

Ternyata hal ini dianggap diskriminasi karena membedakan gender. Atas kejadian ini, restoran La Rosa Nautica mendapat teguran dari otoritas peru dan terpaksa harus membayar denda sebesar 210.000 sol (Rp 870 juta).

Pemilik restoran mengatakan cara ini dilakukan untuk memposisikan wanita sebagai sosok istimewa. "Kami menghargai posisi wanita, tujuannya agar mereka bisa menikmati makan malam romantis dengan pasangan tanpa memperhitungkan biaya yang dikeluarkan," kata pemilik La Rosa Nautica.

Lembaga Pertahanan Persaingan Bebas dan Perlindungan Kekayaan Intelektual Nasional Peru menetapkan restoran ini bersalah karena sudah ada hukum yang mengatur semua gender harus diperlakukan sama. "Hal-hal kecil ini mungkin tampak tidak berbahaya tapi ini adalah dasar dari diskriminasi pria dan wanita," kata Liliana Cerron, seorang petugas dari lembaga ini.
Restoran Ini Didenda Rp 800 Juta Karena Diskriminasi Pengunjung WanitaFoto: istimewa

Selain denda yang harus dibayar, restoran ini juga harus melayani tamu dengan buku menu yang sama. Para pelayan restoran juga harus mengampanyekan tentang bahaya diskriminasi pada semua pengunjung yang datang.

La Rosa Nautica bukanlah restoran pertama yang mendapat hukuman atas tindakan diskriminasi. Sebelumnya ada juga restoran L'Orangerie di Los Angeles yang melakukan hal serupa. Pihak restoran juga terkena teguran atas perbedaan buku menu yang diberikan untuk tamu wanita dan pria.

Baca juga : Karena Aturan Diskriminatif, Puluhan Pemilik Resto China Tuntut Pemerintah Philadelphia

Simak Video "Naik Kapal Pesiar Sambil Makan Masakan Jepang di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)