ADVERTISEMENT

Lebaran Topat, Tradisi Makan Ketupat di Lombok yang Sarat Makna

Riska Fitria - detikFood
Senin, 17 Mei 2021 11:00 WIB
Lebaran Topat, Tradisi Makan Ketupat di Lombok yang Sarat Makna
Foto: detikcom

3. Mengunjungi Pantai dan Berebut Ketupat Raksasa

Lebaran Topat, Tradisi Makan Ketupat di Lombok yang Sarat MaknaLebaran Topat, Tradisi Makan Ketupat di Lombok yang Sarat Makna Foto: detikcom

Setelah selesai ke pemakaman, masyarakat Lombok kemudian berpindah tempat ke tempat-tempat rekreasi seperti taman atau pantai. Namun, yang paling sering dijadikan titik kumpul adalah pantai.

Di sana, masyarakat sudah membawa bekal berupa makanan ketupat lengkap dengan lauknya. Maka tak heran suasana pantai di Lombok saat lebaran topat sangat ramai oleh wisatawan lokal.

Salah satu pantai yang menjadi destinasi adalah pantai Lombok Senggigi. Selain makan bekal yang telah dibawa, di sana juga tersedia ketupat raksasa atau disebut juga ketupat agung.

Jadi, ratusan ketupat dibentuk menggunung. Saat itulah, masyarakat setempat berebut ketupat tersebut. Sebelum perebutan ketupat, Bupati setempat dipersilahkan mengambil terlebih dahulu sebagai simbol tradisi.

4. Filosofi Lebatan Topat

Lebaran Topat, Tradisi Makan Ketupat di Lombok yang Sarat MaknaLebaran Topat, Tradisi Makan Ketupat di Lombok yang Sarat Makna Foto: iStock/detikcom

Setiap tradisi di suatu tempat pasti memiliki filosofi. Begitupun dengan tradisi lebaran topat. Topat atau ketupat sendiri merupakan simbol perayaan hari raya Islam di Jawa sejak pemerintah Demak pada awal abad ke-15.

Pada lebaran topat, ketupat melambangkan nafsu dunia yang dibungkus dengan hati nurani. Sementara anyaman daun kelapa melambangkan tentang kompleksitas masyarakat yang harus diikat dengan tali silaturahmi.

Bentuk ketupat yang jajar genjang persegi diceritakan sebagai arah kiblat atau mata angin. Beras menggambarkan nafsu birahi. Jadi, lebaran topat berarti menyambut keberhasilan muslim menjaga nafsunya.

Baca Juga : Tradisi Lebaran di Palestina, Bikin Cookies hingga Sarapan Ikan Fesikh


(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT