Ketupat Lebaran Komplet

Tradisi Makan Ketupat saat Lebaran Sudah Dimulai Sejak Abad 15

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 05 Mei 2021 18:00 WIB
Lebaran di Rumah Saja, Ditemani Hidangan Spesial Hari Raya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Menyajikan ketupat saat lebaran adalah tradisi wajib di Indonesia. Momen lebaran tetap spesial walaupun hanya menikmati ketupat dengan aneka lauk di rumah.

Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada tanggal 13-14 Mei 2021. Artinya tinggal 7 hari lagi menuju perayaan lebaran di Indonesia.

Tradisi lebaran yang selalu ada di Indonesia adalah menyajikan hidangan ketupat lengkap dengan aneka lauknya yang sedap. Hidangan ketupat buatan sendiri ini akan membuat lebaran tetap istimewa walaupun hanya dirayakan di rumah saja.

Ketupat diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga pada abad ke-15 untuk menyebarkan agam Islam di pulau Jawa. Nama ketupat sendiri merupakan singkatan dari bahasa Jawa 'ngaku lepat' berarti mengakui kesalahan. Banyak juga yang mengatakan singkatan dari 'laku papat' yang artinya empat tindakan.

Close-up shot stack of ketupats on glass bowl above dining table at home during ramadan.ketupat Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio

Ketupat atau lontong bisa dibuat sendiri di rumah. Memang cara membuatnya susah susah gampang , tapi detikFood akan memberikan cara mudah dan praktisnya. Salah satunya membuat ketupat dengan panci bertekanan.

Untuk kamu yang ingin membeli ketupat di pasar, kami akan memberikan tipsnya. Mulai dari tampilan daun dan janur ketupat hingga hingga teksturnya.

Ketupat tak akan lengkap tanpa adanya aneka lauk yang sedap. Untuk sayurnya kamu bisa membuat aneka sayur gurih khas Betawi yang terbuat dari labu siam. Ada juga sayur gurih khas Minang seperti gulai nangka dan gulai paku.

Kamu juga bisa berkreasi dengan hidangan ketupat atau lontong dari berbagai daerah di Indonesia kalau ingin agak berbeda. Seperti Katupe Minang, Lontong Medan, hingga Lontong Kupang.

Creative Imageketupat lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi

Tak hanya sayurnya saja, aneka lauk yang cocok untuk disajikan bersama ketupat juga harus disiapkan. Kami akan merekomendasikan resep-resep opor ayam berbumbu kuning, putih, dan merah.

Rendang Minang yang empuk dan meresap bumbunya juga selalu ada saat lebaran. Kami akan memberikan resep rendang yang enak. Selain itu, ada juga tips memasak dan menyimpan rendang dari William Wongso selaku pakar kuliner Indonesia.

Suami Tampar dan Ludahi Istri Gara-gara Masak Rendang Terlalu Lamarendang Foto: iStock

Kompilasi ragam resep semur dan sambal goreng ati yang enak juga akan kami sampaikan pada ulasan minggu ini. Agar kamu bisa menyajikan ketupat lebaran komplet yang enak rasanya.

Agar tak ketinggalan berbagai artikel resep dan tips seputar ketupat lebaran tahun ini, pantau terus detikFood ya.



Simak Video "Pasar Tanah Abang Mulai Dipadati Pemburu Busana Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com