Keren! Cewek Korea Ini Jago Masak 5 Makanan khas Indonesia

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 17 Mei 2021 10:00 WIB
Orang Korea bikin sambal ulek Foto: YouTube / Rosakis
Jakarta -

Walaupun bukan dari negara asalnya, namun cewek Korea satu ini jago memasak makanan khas Indonesia. Bisa bikin sambal ulek hingga soto ayam. Begini aksinya!

YouTuber Rosakis adalah wanita Korea yang jago memasak makanan khas Indonesia. Aksi memasaknya ini ia bagikan lewat channel YouTube miliknya.

Sudah banyak makanan khas Indonesia yang ia masak. Seperti sambal, cireng, ceker mercon, hingga soto ayam. Menurut beberapa teman yang mencicipi masakannya, makanan yang dibuat oleh Rosakis ternyata enak.

Berikut 5 makanan khas Indonesia yang dimasak oleh cewek Korea.

1. Masak Sambal Ulek

Orang Korea bikin sambal ulekOrang Korea bikin sambal ulek Foto: YouTube / Rosakis

Sambal adalah salah satu makanan yang menjadi ciri khas dari Indonesia. Hampir di setiap makanan pasti ada sambal agar rasanya makin nikmat. Sambal juga ada beragam jenisnya, salah satunya sambal ulek.

YouTuber Rosakis menggunakan bahan berupa cabai merah besar, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan tomat. Semua bahan itu digoreng terlebih dahulu kemudian barulah dihaluskan. Dalam membuat sambal, Rosakis juga menggunakan ulekan tradisional lho.

Sambal ulek itu kemudian ia nikmati bersama sang kakak. Mereka menikmatinya dengan nasi panas dan tempe goreng. Sambal buatan Rosakis juga terlihat seperti asli Indonesia.

Baca Juga: Yuk, Intip! Aksi Orang Korea Bikin Sambal Ulek Khas Indonesia

2. Masak Cireng

Orang Korea bikin cirengOrang Korea bikin cireng Foto: YouTube / Rosakis

Rosakis juga pernah membuat jajanan khas Indonesia yang tepatnya berasal dari Jawa Barat yaitu cireng. Cireng biasanya dijual dengan gerobak kaki lima. Biasanya dinikmati dengan cabai rawit atau saus sambal.

Penasaran dengan cireng, akhirnya membuat Rosakis membuat jajanan itu. Ia menggunakan tepung tapioka dengan bumbu berupa garam, bawang putih, daun bawang, dan kaldu bubuk. Setelah diuleni, kemudian adonan cireng digoreng hingga renyah.

YouTuber yang pernah tinggal di Indonesia ini sangat senang saat melihat cirengnya berhasil dibuat. Ia pun menambahkan saus cocolan yang terbuat dari gula Jawa, perasan lemon pengganti asam Jawa, dan cabe Cheongyanggochu (cabe Korea yang pedas).

Baca Juga: Jago! Orang Korea Ini Bisa Bikin Cireng, Lengkap dengan Saus Cocolan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com