Jago! Orang Korea Ini Bisa Bikin Cireng, Lengkap dengan Saus Cocolan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 20 Agu 2020 17:00 WIB
Orang Korea bikin cireng Foto: YouTube / Rosakis
Jakarta -

Mengaku suka makanan khas Indonesia, orang Korea ini coba bikin cireng untuk pertama kalinya. Yuk, intip keseruannya!

Makanan khas Indonesia tak hanya disukai oleh orang lokal saja. Banyak orang dari negara lain yang mengaku jatuh cinta dengan makanan khas Nusantara. Mulai dari camilan hingga hidangan utama.

YouTuber asal Korea juga banyak sekali yang membuat konten video kuliner Indonesia. Biasanya yang membuat konten tersebut sedang tinggal di Indonesia.

Orang Korea bikin cirengOrang Korea bikin cireng Foto: YouTube / Rosakis

Ada juga mereka yang pernah tinggal di Indonesia dalam waktu lama. Seperti halnya Rosakis, Hari Jisun, Sunny Dahye, hingga Korea Reomit. Mereka sudah tak asing dengan beragam makanan tradisional populer di Indonesia.

Baca Juga: Yuk, Intip! Aksi Orang Korea Bikin Sambal Ulek Khas Indonesia

Tak hanya mencicipi makanan dari restoran saja, banyak juga dari mereka yang penasaran membuatnya sendiri di rumah. Biasanya mereka mengandalkan resep yang tersebar di internet.

Bahan-bahan untuk memasaknya ada yang didapatkan langsung dari Indonesia. Ada juga yang mereka dapatkan dari supermarket Internasional.

YouTuber Rosakis kali ini memperlihatkan kebolehan memasak makanan khas Indonesia. Sebelumnya wanita berparas cantik ini pernah membuat sambel ulek dengan tempe goreng.

Orang Korea bikin cirengOrang Korea bikin cireng Foto: YouTube / Rosakis

Kini ia mencoba untuk membuat cireng, dan ini adalah kali pertamanya. Bahan utamanya tepung tapioka dan merek yang ia beli adalah Rose Brand.

Tepung tapioka Rose Brand ini dipesan online di Korea dengan harga 8.000 won atau sekitar Rp 96.000. Ia juga menggunakan garam, bawang putih, daun bawang, dan penyedap rasa kaldu ayam merek Masako sebagai bahan pembuatan cireng.

Untuk saus cocolannya, Rosa meraciknya dengan gula Jawa, perasan lemon pengganti asam Jawa, dan cabe Cheongyanggochu (cabe Korea yang pedas). Semua bahan-bahan tersebut lalu diolah sendiri oleh Rosa.

Orang Korea bikin cirengOrang Korea bikin cireng Foto: YouTube / Rosakis

Pertama-tama ia memotong bahan untuk saus cocolannya. Kemudian barulah Rosa menyiapkan adonan cireng. Ia mencampurkan bawang putih, garam, penyedap rasa, dan tepung tapioka ke dalam air mendidih.

Setelah itu adonan yang telah tercampur rata dimasukkan ke dalam tepung tapioka kering. Ia membentuk cirengnya kecil-kecil lalu setelah itu menggorengnya dalam minyak panas.

Ketika mengetahui cireng yang digorengnya berhasil, Rosa terlihat sangat senang. Apalagi ini pertama kalinya Rosa membuat cireng. Cireng buatannya punlangsung dinikmati oleh Rosakis dan temanya yang juga orang Indonesia.

Baca Juga: 5 Orang Korea Ini Jago Ngulek Sambal hingga Bikin Kolak



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)