Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Mei 2021 07:00 WIB
Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri! Foto: Instagram aphillipsx1
Jakarta -

Wanita ini penasaran tren TikTok yang berhasil menetaskan produk telur supermarket. Ia lantas membeli telur dan melakukan eksperimen sendiri. Begini hasilnya.

Ada banyak tren TikTok yang mengundang penasaran, termasuk bagaimana menetaskan telur dari produk telur di supermarket. Hal ini membuat Adele Phillips, seorang wanita di Inggris, mencobanya sendiri.

Ia menyambangi supermarket terdekat untuk membeli sekotak telur bebek. Satu kotak berisi 6 butir telur. "Saya menaruh telur bebek di rak lemari, dan membeli sebuah inkubator dari Amazon," kata Adele.

Suhunya diatur sampai 37,5 derajat Celcius. Setelah itu, Adele menunggu 10 hari untuk melihat apakah telur tersebut subur atau tidak. Caranya dengan menyinari telur dalam gelap.

Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri!Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri! Foto: Instagram aphillipsx1

"Ini disebut 'candling' dan jika kamu melihat pembuluh darah, itu pertanda kamu memiliki sel telur yang subur. Saya kaget, ada 1 dari 6 telur yang memilikinya," kata Adele.

Baca Juga: Wanita Ini Terkejut Saat Lihat Anak Bebek Menetas dari Telur yang Dibeli

Setelah menunggu cukup lama, di hari ke-27, cangkang telur mulai robek. Dan 48 jam kemudian, keluarlah seekor bebek dari dalam telur.

"Saya melanjutkan proses membalik telur 3-4 kali sehari, menyemprotkannya dengan air dan membawanya ke suhu ruangan. Dan saya menaruhnya kembali di rak selama beberapa jam sebelum mengulangi membaliknya lagi," cerita Adele.

Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri!Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri! Foto: Instagram aphillipsx1

Akhirnya tepat di hari ke-30, Adele memiliki seekor bayi bebek yang menggemaskan. Ia pun merasa senang eksperimennya berhasil. Bebeknya dinamai Morris.

Setelah Morris mulai dipelihara, Adele menyadari kalau bebek kesayangannya butuh teman supaya tidak sedih dan depresi. Akhirnya Adele membelikan seekor bebek lagi yang dinamai Beryl.

Baca Juga: Ini 5 Kisah Telur yang Disimpan dan Tiba-Tiba Menetas

Adele mengatakan, "Bebek ini jenis Kaki Campbell, dan sedikit lebih tua (dibanding Morris), tapi mereka berteman baik. Morris senang dengan teman barunya dan mulai belajar berenang bersama."

Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri!Ikuti Tren TikTok, Wanita Ini Berhasil Tetaskan Telur Bebek Sendiri! Foto: Instagram aphillipsx1

Sebelumnya eksperimen menetaskan telur juga dilakukan seorang wanita bernama Betsy Ross dari California, Amerika Serikat. Uniknya ia menetaskan bebek dengan cara mengerami telurnya di bra.

Hal ini ia lakukan karena tidak memiliki inkubator. Ia bahkan mengerami telur bebek di antara dadanya selama 35 hari.

Betsy meyakini bra adalah tempat yang tepat untuk mengerami telur bebek karena suhunya yang hangat dan lembap. Ia pun rajin memutar posisi telur beberapa kali sehari.

Baca Juga: Unik! Wanita Ini Mengerami Telur Bebek Dalam Bra Selama 35 Hari

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com